Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Curiosity Foto “Selfie” di Mars, Ini Hasilnya

Kompas.com - 05/02/2018, 14:08 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com -- Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA baru saja membagikan hasil foto selfie yang diambil oleh robot Curiosity di Mars.

Foto tersebut diambil pada 23 Januari 2018 di punggung bukit Vera Rubin dengan latar belakang Gunung Sharp. “Kaki gunung ini memberikan akses untuk lapisan-lapisan yang terbentuk selama jutaan tahun. Lapisan-lapisan ini terbentuk oleh air – kemungkinan karena danau yang ada di kaki gunung, yang duduk di kawah Gale,” kata JPL.

Menurut JPL, Curiosity menggunakan Mars Hands Lens Imager (MAHLI) untuk mengambil foto tersebut dalam bentuk mozaik. Kamera tersebut dioperasikan menggunakan gerakan pergelangan dan rotasi turret pada lengan Curiosity.

“Lengannya diposisikan di luar foto, atau sebagian foto, yang digunakan dalam mozaik ini,” tulis NASA dalam laman resminya.

Baca juga : Mengenal Mars 2020, Robot Baru yang Akan Jadi Mata Kita di Mars

Selain foto selfie tersebut, NASA juga membagikan foto panorama yang diambil oleh Curiosity dari punggung bukit Vera Rubin tiga bulan lalu. Foto tersebut menggambarkan perjalanan Curiosity sejauh 17 kilometer sejak mendarat di kawah Gale pada 2012.

“Walaupun Curiosity terus memanjat selama lima tahun, ini adalah kali pertama kita bisa melihat ke belakang dan memandang seluruh misi yang terhampar di bawah kita,” kata Ashwin Vasavada, Ilmuwan Proyek Curiosity di JPL.

Dia melanjutkan, dari punggung bukit Vera Rubin, hamparan lantai kawah yang luas berlanjut ke pengunungan yang membentuk pinggiran utara dari Kawah Gale.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com