Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Melayang di Venus, Ambisi Baru Pria yang Ingin Buat Koloni di Mars

Kompas.com - 23/01/2018, 11:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan tinggal di kota melayang seperti dalam film Astroboy atau Sky High? Mungkin sedikit sulit membayangkan tinggal di kota yang melayang di atmosfer.

Namun, sebuah prediksi ambisius dari Bas Lansdorp, orang yang berada dibalik misi Mars One, menyebut bahwa suatu hari manusia akan tinggal di kota melayang di atas atmosfer planet Venus.

Lansdorp sendiri terkenal sebagai pria yang ingin membuat populasi di planet merah, Mars. Pengusaha Belanda ini juga mengklaim bahwa misi membangun koloni manusia pertama di Mars akan segara dilakukan pada 2031.

"Mars tidak akan menjadi tujuan akhir bagi manusia yang ingin mandirikan pemukiman permanen jauh dari bumi," ungkap Lansdorp dikutip dari Mirror, Minggu (21/01/2018).

Baca juga: Stephen Hawking: 2600 Bumi akan Menjadi Bola Panas

"Setelah itu, penjelajah luar angkasa akan memikirkan kota-kota melayang di atmosfer Venus dalam balon yang sangat besar, atau pindah ke bulan Jupiter, atau sebuah asteroid," imbuhnya.

Dalam proyek perjalanan yang dia ajukan untuk ke Mars, sudah ada 200.000 orang yang mengajukan diri. Padahal, bisa dibilang itu adalah perjalan satu arah.

Dengan kata lain, mungkin tak ada jalan kembali untuk pulang ke bumi.

Karena banyaknya pendaftar, mereka akan melakukan proses seleksi yang cukup panjang dan ketat. Salah satu dari proses seleksi tersebut adalah menghabiskan waktu tidak pasti terkunci dalam kabin seluas 200 meter persegi untuk menguji kekuatan mental para pendaftar.

Kru terakhir, terdiri dari 4 pria dan 4 wanita. Mereka akan menghabiskan enam bulan perjalanan antar-planet sebelum menghadapi kondisi yang sulit di planet baru yang berjarak 402 juta kilometer dari bumi.

Selain itu, tantangan misi ini adalah jatah air yang sangat ketat. Para kru ini mungkin tak dapat mandi selama 2 tahun.

"Tidak ada jalan keluar; Itu adalah tantangan besar," kata Lansdorp.

"Kru pertama yang melakukan perjalanan akan memiliki waktu terberat, mereka berada di posisi dengan tingkat kenyamanan yang akan sangat rendah," sambungnya.

Baca juga: NASA Akui Tidak Mampu Kirim Manusia ke Planet Mars

"Tapi kelangkaan air tidak seberapa jika dibandingkan dengan dampak psikologi yang mungkin mereka hadapi," tegas Lansdorp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com