Kompas.com - 14/12/2017, 19:05 WIB
Hujan meteor Geminid Huffington PostHujan meteor Geminid
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com -- Tanggal 16 Desember 2017 esok akan ada fenomena hujan meteor Geminid di langit Indonesia. Namun Geminid tak sendiri, ia akan bersama sebuah asteroid aneh yang bernama 3200 Phaethon.

Asteroid tersebut dikatakan aneh karena merupakan satu di antara dua asteroid yang menjadi induk peristiwa hujan meteor utama.

Hujan meteor sendiri umumnya bersumber dari remah-remah komet yang dilepaskan saat mendekati matahari dalam perjalanan menyusuri orbitnya.

Tekanan angin matahari membuat komet menyemburkan gas dan debu yang membentuk panorama ekor nan khas. Lalu, gangguan gravitasi Bumi dan planet-planet tetangga membuat remah-remah komet yang berbentuk debu dan pasir ini lantas bergeser secara dinamis.

"Jika orbit kometnya berdekatan dengan orbit bumi, maka ada kemungkinan remah-remah komet ini bisa tertarik gravitasi sehingga memasuki atmosfer dan menjadi meteor," kata Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir, kepada Kompas.com pada Rabu (13/12/2017).