Kompas.com - 19/10/2017, 18:07 WIB
Piramida Giza WikipediaPiramida Giza
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Kekacauan politik bukanlah hal utama yang menyebabkan keruntuhan peradaban mesir kuno. Jatuhnya mesir kuno lebih dari 2.000 tahun yang lalu juga dipicu oleh letusan gunung berapi.

Dalam sebuah studi multi disiplin yang melibatkan gabungan peneliti internasional, tim menemukan kaitan antara letusan besar gunung berapi dengan pemberontakan sosial yang terjadi di Dinasti Ptolemeus (305-30 SM), dinasti kuat yang memerintah setelah Aleksander Agung.

Dinasti kemudian runtuh pada masa pemerintahan Cleopatra, ratu Mesir yang terkenal dengan kecantikannya serta aksi bunuh dirinya dengan menggunakan bisa ular.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications baru-baru ini, secara khusus melihat bagaimana letusan gunung berapi mempengaruhi peradaban di sekitar Sungai Nil.

"Orang-orang Mesir Kuno bergantung pada banjir musim panas Nil untuk menumbuhkan hasil pertanian mereka," kata Yale Joseph Manning, peneliti dalam studi ini seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (17/10/2017).

Karena ketergantungan ini, setiap perubahan besar di Sungai Nil akan memiliki pengaruh langsung terhadap masyarakat. Jika hasil panen kurang, maka harga pangan akan naik dan orang-orang akan menderita.

Baca Juga: Patung Berumur 4.300 Tahun Ungkap Cerita tentang Firaun Mesir

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untung saja saat pemerintahan Ptolemeus, catatan terperinci yang berkaitan dengan ekonomi dan pemberontakan disimpan, yang artinya peneliti bisa melihat kembali dengan jelas ketika periode itu terjadi, sekaligus memahami faktor lingkungan yang menyebabkan masalah di Sungai Nil.

Tim menganalisi catatan inti es, yang memberi mereka informasi tentang kapan letusan gunung berapi besar terjadi, termasuk bahan kimia yang dilepaskan selama letusan tersebut. Jadi ibarat kapsul waktu dari kejadian-kejadian geologi.

Mereka juga melihat Nilometer islam, yang menyediakan catatan sejarah ketinggian muka air di Sungai Nil.

Temuan menunjukkan jika letusan gunung berapi memiliki dampak langsung pada Sungai Nil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.