Kompas.com - 11/09/2017, 21:13 WIB
Para pekerja kepurbakalaan Mesir dengan tiga mumi yang ditemukan di makam Amenemhat. Mohamed Abd El Ghany/ReutersPara pekerja kepurbakalaan Mesir dengan tiga mumi yang ditemukan di makam Amenemhat.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com –- Mesir kembali mengungkap penemuan benda bersejarah melalui serangkaian penggalian selama lima bulan.

Kali ini, tim arkeolog Mesir menemukan makam ahli emas kerajaan Mesir kuno di Draa Abul-Naga, sebuah nekropolis untuk para bangsawan dan penguasa di dekat Lembah Para Raja, di tepi kiri Sungai Nil.

Adalah Amenemhat yang hidup di Mesir sekitar 3.500 tahun yang lalu. Dia menjadi “abdi dalem” kerajaan Mesir kuno sebagai pandai emas yang pernah tinggal di Provinsi Luxor pada abad ke-18 (sekitar tahun 1567 SM sampai 1320 SM). Karyanya digunakan untuk dewa matahari Amon-Re, dewa paling kuat pada masa tersebut.

(Baca juga: Mesir Temukan Makam Kuno Berusia 2.000 Tahun dari Zaman Romawi)

Mostafa Waziri, ketua tim arkeolog, mengatakan, ruang utama pemakaman tersebut berisi patung Amenemhat dan istrinya yang duduk di atas kursi. Istrinya mengunakan gaun panjang dan wig.

Patung yang lebih kecil di antara pasangan itu menggambarkan salah satu putra mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamar pemakaman berisi tembikar, topeng pemakaman kayu dan patung-patung ushabti - patung biru, hitam, dan biru berukuran kecil yang ditempatkan orang Mesir kuno di dalam makam untuk melayani kehidupan di alam baka.

Sarkofagus kayu yang ditemukan di makam AmenemhatKhaled Desouki/Agence France-Presse Sarkofagus kayu yang ditemukan di makam Amenemhat

Selain itu, terdapat juga terowongan pemakaman yang berisi tiga mumi dengan tengkorak kepala yang tak terlindungi dan sarkofagus.

"Kami tidak yakin apakah mumi ini milik Amenemhat dan keluarganya," kata Waziri dalam sebuah wawancara yang dikutip dari New York Times pada Minggu (10/9/2017).

"Orang lain telah dengan jelas menggunakan kembali makam ini dan mencongkelnya pada zaman purba. Mungkin itulah sebabnya kepala mereka tersingkap," ujarnya lagi.

(Baca juga: Arkeolog Temukan 3 Makam Kuno Berusia 2.000 Tahun di Mesir)

Penemuan ini membuat Waziri dan timnya merasa senang. Sebab, tak lama lagi akan ditemukan lebih banyak makam di daerah tesebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.