Kompas.com - 18/10/2017, 20:43 WIB
Pertarungan hiu dan aligator. US Fish and Wildlife ServicePertarungan hiu dan aligator.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, peneliti mendokumentasikan pertarungan antara dua predator dari dua habitat yang berbeda, aligator dan hiu.

Pertarungan yang berakhir dengan dimangsanya hiu oleh aligator jenis Aligator Amerika (Alligator mississippiensis) ini, memang sebelumnya pernah terjadi.

Namun kasus semacam itu tidak pernah dipelajari secara menyeluruh karena kedua spesies tersebut tinggal di dua habitat yang terpisah.

Barulah James Nifong ahli ekologi dari Kansa State University dan Ruseell Lowers ahli biologi margasatwa, meneliti literatur ilmiah dan sejarah serta berkonsultasi dengan ahli untuk mengetahui kasus-kasus aligator yang menyerang elasmobranchii, sub kelas ikan bertulang rawan yang antara lain mencakup hiu dan pari.

Salah satu laporan yang ditemukan oleh Nifong adalah artikel yang diterbitkan oleh majalah olah raga The Fishing Gazette yang berjudul 'Aliligator and Shark Fight'.

Artikel yang diterbitkan pada 5 oktober 1877 ini menuliskan mengenai pertempuran epik antara aligator amerika dan hiu yang tidak diketahui jenisnya di sebuah lubang yang terisi air pasang di dekat Jupiter, Florida.

"Mereka berkelahi" tulis salah satu saksi mata dalam majalah tersebut.

Meski hidup di dua habitat yang berbeda, pertemuan kedua spesies itu mungkin saja terjadi.