Belajar dari Virus Corona, Mungkinkah Sampel dari Mars Dibawa ke Bumi?

Kompas.com - 26/02/2020, 17:33 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Virus corona SARS-CoV-2 yang mewabah dari China hingga ke seluruh dunia, memberikan inspirasi menarik bagi ilmuwan dalam misi kehidupan di planet Mars.

Kelompok kesehatan masyarakat, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan U.S. Centers for Disease Control and Prevention masih terus mempelajari virus corona yang kali pertama muncul di kota Wuhan, China pada akhir 2019 lalu.

Para peneliti ini terus memantau penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut dan meneliti cara-cara potensial untuk menghentikannya.

Namun, apa yang bisa dipelajari dari virus corona?

Mungkinkah membawa sampel tertentu dari planet merah ini ke Bumi, dan seperti apakah dampaknya?

Baca juga: WHO: Status Virus Corona Berpotensi Naik dari Epidemik Jadi Pandemik

Melansir Space, Rabu (26/2/2020), Carl Sagan, astronom Amerika Serikat memberikan pandangan tentang patogen Mars dari bukunya The Cosmic Connection - An Extraterrestrial Perspective yang diterbitkan pada tahun 1973.

Patogen, yakni agen biologis atau penyebab infeksi yang dapat menimbulkan penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

"Justru karena Mars memiliki lingkungan yang berpotensi biologis yang besar, ada kemungkinan di planet ini ada patogen, organisme yang mungkin dapat melakukan kerusakan biologis yang besar, yakni wabah Mars," ungkap tulisnya.

Di satu sisi, kita dapat berargumen bahwa organisme Mars tidak dapat menyebabkan masalah serius pada organisme darat.