Tulang Paha Dinosaurus Raksasa Ditemukan, Beratnya 500 Kg

Kompas.com - 28/07/2019, 11:58 WIB
Tulang paha Sauropoda yang berbobot sekitar 500 kg. Georges Gobet / AFP / Getty ImagesTulang paha Sauropoda yang berbobot sekitar 500 kg.

KOMPAS.com - Peneliti di Prancis telah menemukan tulang paha dinosaurus raksasa di Angeac-Charente, sebuah situs yang telah menjadi area penggalian fosil sejak tahun 2010.

Fosil tulang paha memiliki panjang sekitar 2 meter dan memiliki berat mencapai 500 kilogram. Tulang paha yang ditemukan ini diduga miliki Sauropoda, dinosaurus pemakan tumbuhan dengan leher dan ekor yang panjang.

Sauropoda yang hidup pada periode Jura akhir ini merupakan hewan darat terbesar yang pernah ada.

Baca juga: Bukan Hewan Baru, Kutu Busuk Meneror Makhluk Bumi Sejak Era Dinosaurus

Tulang masih dalam kondisi baik dan peneliti bisa melihat otot hingga luka pada tulang tersebut.geek.com Tulang masih dalam kondisi baik dan peneliti bisa melihat otot hingga luka pada tulang tersebut.

Menariknya, tulang Sauropoda yang ditemukan itu masih dalam kondisi yang baik. Paleontolog masih bisa melihat otot, tendon serta bekas luka pada tulang tersebut.

"Ini jarang terjadi pada tulang berukuran besar, biasanya tulangakan rusak atau hancur menjadi fragmen," ungkap Ronan Allain, paleontolog dari Museum Sejarah Nasional Paris.

Baca juga: Mirip Bayi Manusia, Dinosaurus Juga Merangkak Dulu Sebelum Bisa Jalan

Saat masih hidup sekitar 140 juta tahun yang lalu, Sauropoda memiliki berat 40 hingga 50 ton.

Oleh karena itu, penggalian seluruh tulang ini mungkin akan membutuhkan waktu sekitar seminggu dengan menggunakan alat berat.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Geek.com
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X