Kompas.com - 29/10/2019, 17:32 WIB
Fosil tengkorak dan rahang mamalia ini adalah harta paleontologis yang ditemukan di situs Corral Bluffs di Colorado. Bukti aneka macam mamalia gantikan era dinosaurus begitu cepat. Fosil tengkorak dan rahang mamalia ini adalah harta paleontologis yang ditemukan di situs Corral Bluffs di Colorado. Bukti aneka macam mamalia gantikan era dinosaurus begitu cepat.

KOMPAS.com - Para ilmuwan baru saja mengumumkan temuan harta karun paleontologis berupa fosil mamalia langka dari situs Corral Bluffs di Colorado.

Kumpulan fosil rahang dan tengkorak mamalia seperti yang tampak dalam gambar membuktikan bagaimana beragam mamalia segera muncul tak lama setelah dinosaurus punah.

Para ahli menemukan ribuan fosil kuno berupa mamalia, reptil, hingga tumbuhan.

Menurut perhitungan ahli, aneka hewan ini hidup sekitar satu juta tahun setelah fenomena kepunahan massal Cretaceous-Paleogene (KPgE), peristiwa yang mengakibatkan dinosaurus non-unggas punah.

Fosil-fosil ini menunjukkan bagaimana planet dan biosfer dapat pulih setelah kepunahan massal, serta seberapa cepat mamalia mampu mendominasi daratan.