Mirip Bayi Manusia, Dinosaurus Juga Merangkak Dulu Sebelum Bisa Jalan

Kompas.com - 29/05/2019, 09:32 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebanyakan hewan tidak memerlukan latihan untuk berjalan, tapi ternyata ada jenis dinosaurus yang harus belajar merangkak dengan empat kakinya sebelum bisa berjalan sempurna dengan kedua kakinya.

Dinosaurus yang dimaksud adalah sauropoda bernama Mussaurus patagonicus. Dinosaurus ini hidup sekitar 200 juta tahun di Argentina. Peneliti mengungkapkan, pertumbuhan drastis pada tahun-tahun awal kehidupannya menunjukkan bagaimana tubuhnya mengalamai perubahan.

Temuan ini didasarkan pada rekonstruksi 3D yang dibuat berdasarkan fosil dari tiga tahap kunci kehidupan dinosaurus yakni penetasan, tumbuh, dan dewasa. Dari fosil ini peneliti dapat mengukur di mana pusat massa tubuh dinosurus berada.

Baca juga: Bukan Hewan Baru, Kutu Busuk Meneror Makhluk Bumi Sejak Era Dinosaurus

"Kami telah berjuang untuk menemukan hewan selain manusia yang mengalami transisi itu. Dan menemukan transisi dalam catatan fosil merupakan hal yang sangat luar biasa," kata Andrew Cuff, paleontolog University of London dilansir Live Science, Selasa (28/5/2019).

Ketika menetas, bayi M.patagonicus beratnya sekitar 60 gram. Pada tahap ini, para ilmuwan mengatakan hewan itu memiliki kepala relatif besar, serta mempunyai lengan bawah yang berkembang dengan baik. Lengan inilah yang digunakan untuk merangkak.

Ketika Mussaurus patagonicus menetas, ukurannya sangat kecil sehingga pas di tangan orang dewasa. Ketika Mussaurus patagonicus menetas, ukurannya sangat kecil sehingga pas di tangan orang dewasa.

Ketika ukurannya bertambah dan tumbuh ekor yang lebih panjang, pusat gravitasi dinosaurus akan bergeser ke daerah panggul. Pergeseran itu yang kemudian menurut peneliti memungkinkan dinosaurus berdiri dan kemudian berjalan dengan dua kaki.

Pada tahap menjadi dewasa, M. patagonicus sendiri akan tumbuh sekitar enam meter dan berat di atas 1.000 kilogram.

"Kami tidak tahu apakah pola ini juga berlaku untuk semua sauropoda. Tapi fakta bahwa kelompok hewan ini mengubah gerakan mulai merangkak dan berjalan seperti manusia adalah sesuatu yang menarik," kata Alejandro Otero dari Museum La Plata di Argentina.