Sebelum Dinosaurus, Komodo Purba Berkepala Besar Berkeliaran di Bumi

Kompas.com - 25/11/2019, 18:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Jutaan tahun sebelum dinosaurus hidup di Bumi, terdapat sebuah famili mirip komodo namun berkepala besar. Famili itu kerap disebut red crocodiles (buaya merah), dengan nama latin Erythrosuchids.

Mengutip Science Alert, Senin (25/11/2019), Erythrosuchids hidup pada masa akhir Triassic. Panjang tubuhnya mencapai 3-5 meter, memiliki empat kaki, dengan satu fitur tidak biasa yakni kepala berukuran lebih besar dari badannya.

Simpulan ini berdasarkan penemuan fosil Erythrosuchids di Rusia beberapa waktu lalu. Para ilmuwan menyebutkan Erythrosuchids memiliki ukuran kepala paling besar dibanding jenis reptil lainnya, bahkan terbesar dari semua jenis dinosaurus yang pernah ada.

“Kami belum mengetahui kenapa ia (Erythrosuchids) memiliki kepala dengan ukuran besar. Mungkin bisa dikaitkan dengan perannya sebagai predator utama pada masa ekosistem Triassic,” tutur Richard Butler selaku ahli fosil (palaeobiologist) dari University of Birmingham.