Dahsyatnya Letusan Lubang Hitam di Galaksi Ini Terkuat di Alam Semesta

Kompas.com - 02/03/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi

KOMPAS.com - Melalui data dari XMM-Newton Badan Antariksa Eropa ( ESA) dan observatorium Chandra X-Ray milik Badan Antariksa Amerika ( NASA), para astronom melihat ledakan lubang hitam terkuat yang pernah terjadi di Alam Semesta.

"Peristiwa ini sangat luar biasa energik. Kami telah melihat ledakan di pusat galaksi sebelumnya, tetapi ledakan di galaksi ini sangat luar biasa," ujar Profesor Melanie Johnston-Hollitt, astronom di Curtin University, melansir Sci News, Minggu (1/3/2020).

Erupsi lubang hitam dengan ledakan besar itu terjadi di gugusan galaksi Ophiuchus, sekumpulan ribuan galaksi yang berjarak 390 juta tahun cahaya.

Astronom dari International Centre for Radio Astronomy Research itu mengaku tidak tahu mengapa ledakan lubang hitam di galaksi Ophiuchus ini terjadi.

Baca juga: Astronom Temukan Benda-benda Aneh yang Mengorbit Lubang Hitam

Peneliti memperkirakan ledakan itu sekitar lima kali lebih besar dari rekor yang pernah dipecahkan kluster galaksi MS 0735.6 + 7421.

Bahkan, diklaim ratusan hingga ribuan kali lebih besar dari ledakan cluster galaksi biasa.

"Akan tetapi, ledakan yang terjadi di galaksi (Ophiuchus) sangat lambat, seperti ledakan dalam gerakan lambat yang terjadi selama ratusan juta tahun," jelas Johnston-Hollitt.

Pada tahun 2016, sekelompok tim astronom telah menemukan petunjuk pertama tentang ledakan raksasa dalam data Chandra.