Dahsyatnya Letusan Lubang Hitam di Galaksi Ini Terkuat di Alam Semesta

Kompas.com - 02/03/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi


KOMPAS.com - Melalui data dari XMM-Newton Badan Antariksa Eropa ( ESA) dan observatorium Chandra X-Ray milik Badan Antariksa Amerika ( NASA), para astronom melihat ledakan lubang hitam terkuat yang pernah terjadi di Alam Semesta.

"Peristiwa ini sangat luar biasa energik. Kami telah melihat ledakan di pusat galaksi sebelumnya, tetapi ledakan di galaksi ini sangat luar biasa," ujar Profesor Melanie Johnston-Hollitt, astronom di Curtin University, melansir Sci News, Minggu (1/3/2020).

Erupsi lubang hitam dengan ledakan besar itu terjadi di gugusan galaksi Ophiuchus, sekumpulan ribuan galaksi yang berjarak 390 juta tahun cahaya.

Astronom dari International Centre for Radio Astronomy Research itu mengaku tidak tahu mengapa ledakan lubang hitam di galaksi Ophiuchus ini terjadi.

Baca juga: Astronom Temukan Benda-benda Aneh yang Mengorbit Lubang Hitam

Peneliti memperkirakan ledakan itu sekitar lima kali lebih besar dari rekor yang pernah dipecahkan kluster galaksi MS 0735.6 + 7421.

Bahkan, diklaim ratusan hingga ribuan kali lebih besar dari ledakan cluster galaksi biasa.

"Akan tetapi, ledakan yang terjadi di galaksi (Ophiuchus) sangat lambat, seperti ledakan dalam gerakan lambat yang terjadi selama ratusan juta tahun," jelas Johnston-Hollitt.

Pada tahun 2016, sekelompok tim astronom telah menemukan petunjuk pertama tentang ledakan raksasa dalam data Chandra.

Baca juga: Fenomena Langka, 3 Lubang Hitam Monster Akan Bertabrakan

Para astronom ini melaporkan penemuan tepian melengkung yang tidak biasa pada gambar sinar-X dari kluster galaksi Ophiuchus.

Dalam studi baru, di mana temuan ini dipublikasikan dalam Astrophysical Journal, Johnston-Hollitt dan timnya mendeteksi tepian melengkung juga ada dalam data XMM-Newton.

Bukti letusan lubang hitam terbesar yang terlihat di alam semesta berasal dari kombinasi data sinar-X dari Chandra dan XMM-Newton, dan Murchison Widefield Array dan Giant Metrewave Telescope, seperti yang ditunjukkan di sini. Letusan dihasilkan oleh lubang hitam yang terletak di pusat kluster galaksi Ophiuchus, yang telah meledakkan jet dan mengukir rongga besar di sekitar gas panas di sekitarnya. Bukti letusan lubang hitam terbesar yang terlihat di alam semesta berasal dari kombinasi data sinar-X dari Chandra dan XMM-Newton, dan Murchison Widefield Array dan Giant Metrewave Telescope, seperti yang ditunjukkan di sini. Letusan dihasilkan oleh lubang hitam yang terletak di pusat kluster galaksi Ophiuchus, yang telah meledakkan jet dan mengukir rongga besar di sekitar gas panas di sekitarnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Sci News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X