Jangan Salah Lagi, Batuk Pilek Bukan Flu tetapi Selesma

Kompas.com - 28/02/2020, 20:04 WIB
Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp. A (K), seorang dokter spesialis anak, menyampaikan perbedaan common cold dan flu. Kompas.com/Imamatul SilfiaDr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp. A (K), seorang dokter spesialis anak, menyampaikan perbedaan common cold dan flu.

KOMPAS.com – Demam, batuk, dan pilek merupakan penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Banyak masyarakatnya menyebutnya sebagai flu. Namun, benarkah penyakit tersebut flu?

Dokter spesialis anak, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp. A (K), menjelaskan bahwa penyakit tersebut kurang tepat jika disebut sebagai flu.

“Ini ada salah kaprah yang mendunia, bahwa demam, batuk, dan pilek disebut flu. Sebenarnya itu bukan flu, tapi common cold atau selesma,” kata dokter ini dalam acara Peluncuran Betadine Natural Series dan penyerahan sertifikasi halal secara simbolis oleh MUI di Jakarta, Kamis (27/2/2020) di Menteng, Jakarta.

Selesma sering dijumpai menyerang anak-anak. Penyakit ini merupakan salah satu dari infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) bagian atas.

Baca juga: Demam Tanpa Flu atau Batuk, Bisa Jadi Gejala DBD

Selesma disebabkan oleh ratusan jenis virus, di antaranya rhinovirus, coronavirus, dan influenza (flu).

Jadi, lebih tepat dikatakan manusia terkena selesma yang disebabkan oleh virus influenza.

Gejala selesma hampir mirip dengan gejala flu, namun dengan efek yang lebih ringan. Biasanya selesma menyebabkan hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, namun gejala-gejala ini terjadi secara perlahan.

Sementara itu, flu dapat membuat sesak napas, sakit tenggorokan dan kepala, hingga menyerang otot.

Baca juga: Gejalanya Mirip, Apakah Selesma Bisa Muncul Saat Terkena Flu?

Antibiotik bukan solusi selesma

Kesalahan lain yang juga beredar di masyarakat adalah konsumsi antibiotik untuk menyembuhkan demam, batuk, dan pilek.

Nastiti menegaskan bahwa pemahaman tersebut salah. Selesma atau pun flu disebabkan oleh virus, bukan bakteri, sehingga pemberian antibiotik bukan solusi yang tepat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X