Kecerdasan Buatan Ciptakan Antibiotik Terkuat, Mampukah Lawan Bakteri?

Kompas.com - 25/02/2020, 20:34 WIB
Ilustrasi antibiotik Ilustrasi antibiotik


KOMPAS.com - Kecerdasan buatan atau artificial intellegence ( AI) terbukti memberi terobosan canggih bagi dunia. Termasuk membantu peneliti di Massachusetts menemukan obat antibiotik yang sangat kuat.

Model pembelajaran mendalam yang dilakukan para peneliti berhasil mengidentifikasi obat baru yang kuat.

Seperti melansir Science Daily, Selasa (25/2/2020), penelitian dilakukan dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin.

Melalui model ini, para peneliti telah mengidentifikasi senyawa antibiotik baru yang kuat. Dalam uji laboratorium, obat ini mampu membunuh bakteri penyebab penyakit paling bermasalah di dunia.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Era Awal Antibiotik dari Cawan Bakteri

Bahkan, obat ini dapat membunuh beberapa jenis penyakit yang resisten terhadap semua antibiotik.

Obat tersebut juga membersihkan infeksi pada dua tikus berbeda yang menjadi sampel dalam percobaan tersebut. Model komputer menyaring lebih dari seratus juta senyawa kimia dalam hitungan hari.

Model itu dirancang untuk memilih antibiotik potensial yang membunuh bakteri menggunakan mekanisme yang berbeda dari obat yang ada.

"Kami ingin mengembangkan platform yang memungkinkan untuk memanfaatkan kecerdasan buatan dalam era baru penemuan obat antibiotik," ujar James Collins, Profesor Temmers dari Medical Engineering and Science in MIT's Institute for Medical Engineering and Science (IMES) and Department of Biological Engineering.

Baca juga: Kenali Resistensi Antibiotik, Satu dari 10 Besar Ancaman Kesehatan Global

Collins mengatakan pendekatan ini mengungkapkan molekul luar biasa, yang dapat disebut sebagai salah satu antibiotik yang lebih kuat, yang pernah ditemukan.

Dalam studi baru yang dilakukan para peneliti ini, mereka juga mengidentifikasi beberapa kandidat antibiotik lain yang lebih menjanjikan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X