Kompas.com - 25/02/2020, 20:03 WIB
Parasit Henneguya salminicola yang diamati di bawa mikroskop. Stephen Douglas AtkinsonParasit Henneguya salminicola yang diamati di bawa mikroskop.

KOMPAS.com - Semua mahluk hidup pasti bernapas, namun bagaimana jika ada organisme yang tidak bernapas, tetapi hidup. Adalah Henneguya salminicola, satu-satunya hewan di muka bumi yang tidak bernapas.

Baru-baru ini, ilmuwan menemukan organisme ini dalam bentuk gumpalan parasit. Hewan ini diketahui tidak memiliki genom mitokondria dalam tubuhnya.

Padahal mitokondria merupakan sel penting yang bertugas mengatur sistem pernapasan.

H. salminicola memiliki bentuk yang dianggap aneh, namun unik jika dibandingkan dengan parasit-parasit lainnya. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Baca juga: Parasit Malaria Kebal Obat, Berpotensi Picu Darurat Kesehatan Dunia

Organisme ini dinilai mirip dengan parasit-parasit lain dalam kelas myxozoa, namun H. salminicola relatif lebih jinak daripada parasit lain di kelas tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun terlihat mirip dengan parasit myxozoa, namun secara bertahap hewan ini berevolusi menghilangkan sifat-sifat multiselnya.

Dilansir dari Live Science, Selasa (25/2/2020), Dorothée Huchon, seorang ahli biologi evolusi dari Tel Aviv University di Israel mengatakan hewan ini telah kehilangan sel-sel saraf, jaringan, otot, dan lainnya.

"Lalu sekarang mereka kehilangan kemampuan mereka untuk bernapas," kata Huchon.

Baca juga: Perubahan Iklim Bisa Menghilangkan Sepertiga Spesies Parasit di Dunia

Parasit jinak yang unik

Parasit lain dianggap sebagai ancaman bagi para nelayan, karena dapat menginfeksi dan mematikan ikan.

Sedangkan, ikan yang terjangkiti oleh H. salminicola terlihat seperti memiliki penyakit tepung karena memunculkan gelembung-gelembung putih pada daging ikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.