Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Terbaru, Sungai-sungai Dunia Sudah Overdosis Antibiotik

Kompas.com - 28/05/2019, 03:50 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti dari University of York menemukan bahwa sungai-sungai di dunia telah terkontaminasi antibiotik melebihi batas aman. Bahkan, beberapa sungai ditemukan melampaui batas aman hingga 300 kali lipat.

Hasil studi yang dilaporkan dalam Environmental Toxicology and Chemistry di Helsinki, 27-28 Mei 2019 ini didapatkan setelah para peneliti menguji kandungan 14 jenis antibiotik umum pada sungai-sungai di 72 negara. Antibiotik didapatkan sudah mengontaminasi dua per tiga sungai yang diteliti.

Sungai yang kondisinya paling parah berada di Bangladesh, Kenya, Ghana, Pakistan dan Nigeria. Akan tetapi, negara-negara Asia dan Afrika pada umumnya melebihi batas aman.

Sebuah sungai di Bangladesh ditemukan mengandung metronidazole, antibiotik yang digunakan untuk menangani infeksi mulut dan kulit, 300 kali lipat dari batas aman.

Baca juga: Kebal Antibiotik, Bakteri Super Bakal Bunuh Jutaan Manusia pada 2050

Sementara itu, trimethoprim yang digunakan untuk menangani infeksi saluran kemih ditemukan di 307 dari 711 situs yang diuji, sehingga antibitiotik ini pun menjadi yang paling umum mengontaminasi.

Akan tetapi, bukan berarti sungai-sungai di negara-negara Amerika dan Eropa aman dari antibiotik. Situs-situs yang diuji menunjukkan kandungan antibiotik sudah melebihi batas aman.

Sungai Thames yang berada di Inggris, misalnya, ditemukan terkontaminasi oleh lima jenis antibiotik, termasuk ciprofloxacin pada kadar yang tiga kali lipat melebihi batas aman.

Menurut para peneliti, antibiotik bisa masuk ke sungai karena ikut terbuang bersama kotoran manusia dan hewan. Pada beberapa negara, para peneliti juga menemukan bahwa kontaminasi disebabkan oleh bocornya pengolahan air limbah dari produsen obat.

Baca juga: Pahami, Tak Semua Penyakit Butuh Antibiotik

Para peneliti merasa khawatir bila antibiotik di sungai dapat mendorong bakteri menjadi resisten terhadap pengobatan. Menurut perkiraan Persatuan Bangsa-bangsa, resistensi antibiotik dapat membunuh 10 juta orang pada 2050.

Menanggapi temuan ini, Professor Alistair Boxall dari York Environmental Sustainability Institute yang terlibat dalam studi berkata bahwa hasil studi membuka mata dan sangat mengkhawatirkan. Kontaminasi antibiotik rupanya telah meluas di sistem-sistem sungai seluruh dunia.

Menurut dia, para peneliti dan pembuat kebijakan telah mengetahui peran lingkungan alami dalam perkembangan resistensi antimikroba melalui studi-studi serupa. Namun, menyelesaikan masalah ini akan menjadi tantangan luar biasa yang membutuhkan investasi di bidang infrastuktur pengolahan limbah, regulasi yang lebih ketat dan pembersihan situs-situs yang sudah terkontaminasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com