Update Virus Corona 25 Februari: 2.701 Meninggal, 80.152 Terinfeksi

Kompas.com - 25/02/2020, 13:32 WIB
Ilustrasi virus corona Korea Selatan ShutterstockIlustrasi virus corona Korea Selatan

KOMPAS.com - Jumlah korban terinfeksi virus corona Wuhan alias Covid-19 sudah mencapai angka lebih dari 80.000 hingga detik ini.

Laporan terakhir pada Selasa (24/2/2020) pukul 12.20 WIB, jumlah korban tewas akibat Covid-19 mencapai 2.701 orang dan telah menginfeksi 80.152 orang.

Sejauh ini, Korea Selatan adalah negara di luar China yang paling banyak terinfeksi virus corona. Jumlah pasien terinfeksi melonjak pesat dalam beberapa hari terakhir, yakni 893 orang dan menewaskan sembilan orang.

Lebih dari 800 pasien baru dikonfirmasi dalam waktu kurang dari sepekan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), kebanyakan pasien terhubung dengan Shincheonji Church of Jesus di Daegu.

Baca juga: Seorang Wanita di China Tularkan Virus Corona tanpa Gejala, Kok Bisa?

Sebagai langkah mengantisipasi penyebaran infeksi, otoritas Korsel memperpanjang masa libur TK dan sekolah hingga satu pekan. Pemerintah setempat juga berencana melakukan pengawasan ketat bagi pendatang dari China selama dua pekan ke depan.

Sementara itu berita dari Italia melaporkan, sebanyakan 10 ribu warga bakal dikarantina selama sepekan setelah dilaporkan 100 kasus infeksi Covid-19 di negara tersebut.

Melihat perkembangan virus corona Wuhan yang buruk, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa kesempatan kita untuk mengontrol wabah virus corona Wuhan atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 semakin sempit.

"Jendela kesempatan untuk mengontrol wabah ini menyempit," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa, Jumat (14/2/2020).

Dia melanjutkan, kita masih punya kesempatan untuk mengontrolnya. Tapi selagi melakukan hal itu, kita juga harus bersiap untuk kejadian apa pun karena wabah ini bisa bergerak ke banyak arah. Bisa jadi berantakan.

Pengumuman itu dikeluarkan WHO menyusul berbagai perkembangan virus corona Wuhan yang buruk.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X