Wabah Virus Corona, Perlukah Minum Suplemen untuk Mencegahnya?

Kompas.com - 24/02/2020, 17:33 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kunci dari mencegah infeksi virus corona Wuhan atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 adalah imunitas tubuh yang baik.

Nah, untuk menjaga menjaga imunitas tubuh dan mencegah terjangkit virus Corona Wuhan atau Covid-19, banyak masyarakat yang berburu serta mengonsumsi berbagai jenis suplemen.

Namun, perlukah kita mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan mencegah infeksi virus corona?

Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan MSc SpP(K), menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen itu perlu bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Baca juga: Update Virus Corona 24 Februari: 2.696 Meninggal, 79.561 Terinfeksi

"Jika memiliki kondisi sistem imunitas tubuh yang bagus, maka tidak perlu mengonsumsi suplemen," kata Erlina dalam acara "Forum Diskusi SOHO: Cegah Corona dengan Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh" oleh SOHO Global Health, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Jika daya tahan tubuh seseorang lemah, maka bisa terjadi imunodifesiensi yang menyebabkan orang tersebut mudah terkena dan diserang oleh organisme jahat penyebab suatu penyakit.

Erlina berkata, organisme jahat itu juga termasuk virus Corona atau Covid-19 yang saat ini masih mewabah tersebut.

"Sebetulnya yang mudah terinfeksi adalah orang yang imunitasnya rendah," kata dia.

Baca juga: Corona Wuhan Lumpuhkan Farmasi, Terawan Sebut Ini Peluang Indonesia

Dalam pemaparannya, Erlina membuat sebuah perumpamaan di mana imunitas diibaratkan sebagai tentara di dalam tubuh manusia, sementara virus, bakteri, jamur, dan patogen lainnya adalah musuh.

Ketika masuk ke dalam tubuh; virus, bakteri, jamur, dan patogen lainnya dapat dikalahkan jika tentaranya atau sistem pertahanan tubuhnya kuat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X