Benarkah Orang Dewasa Lebih Parah saat Terkena DBD?

Kompas.com - 16/02/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi demam berdarah kenary820/shutterstockIlustrasi demam berdarah

KOMPAS.com – Banyak orang berpendapat bahwa orang dewasa yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akan lebih parah level sakitnya.

Terkait hal itu, Dr Tedjo Sasmono selaku Kepala Unit Penelitian Dengue di Eijkman Institute of Molecular Biology mengatakan bahwa tingkat keparahan DBD tergantung pada banyak hal.

Jenis virus dengue

“Pertama adalah jenis virusnya,” tutur Tedjo kepada Kompas.com, Kamis (6/2/2020).

Tedjo mengatakan virus dengue terdiri dari empat jenis, yaitu virus dengue serotipe-1, serotipe-2, serotipe-3, dan serotipe-4.

Keempat jenis tersebut, biasa disingkat DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4, hidup di Indonesia dan memililiki karakteristik masing-masing.

“DEN-1 punya ciri khas, ketika masuk ke suatu daerah yang belum pernah terjangkit sebelumnya, virusnya sangat cepat menyebar. Namun, tidak menyebabkan penyakit parah meski kasus yang ditimbulkan banyak,” papar Tedjo.