Gempa Seram Timur dan Fakfak Pagi Tadi Dipicu Sesar Aktif Dasar Laut

Kompas.com - 16/02/2020, 09:15 WIB
Gempa guncang Seram Timur dan Fakfak, Minggu (16/2/2020), terjadi pukul 6.00.30 WIB Gempa guncang Seram Timur dan Fakfak, Minggu (16/2/2020), terjadi pukul 6.00.30 WIB

KOMPAS.com - Wilayah Seram Timur dan Fakfak diguncang gempa tektonik pada Minggu 16 Februari 2020 pukul 6.00.30 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo M 5,6.

Episenter terletak pada koordinat 3,37 LS dan 131,49 BT tepatnya di laut pada jarak 97 km arah baratdaya Kota Fakfak, Papua Barat, pada kedalaman 16 km.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat di daerah Bula, Seram bagian timur, dalam skala intensitas III MMI membuat warga terkejut dan sempat berhamburan berlari keluar rumah karena terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sementara itu di Sorong, warga juga terkejut dengan guncangan yang terjadi secara tiba-tiba mencapai skala intensitas II-III MMI.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Magnitudo 3.3 Guncang Karangasem Sore Ini

Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif di dasar laut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X