Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Orang Dewasa Lebih Parah saat Terkena DBD?

KOMPAS.com – Banyak orang berpendapat bahwa orang dewasa yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akan lebih parah level sakitnya.

Terkait hal itu, Dr Tedjo Sasmono selaku Kepala Unit Penelitian Dengue di Eijkman Institute of Molecular Biology mengatakan bahwa tingkat keparahan DBD tergantung pada banyak hal.

Jenis virus dengue

“Pertama adalah jenis virusnya,” tutur Tedjo kepada Kompas.com, Kamis (6/2/2020).

Tedjo mengatakan virus dengue terdiri dari empat jenis, yaitu virus dengue serotipe-1, serotipe-2, serotipe-3, dan serotipe-4.

Keempat jenis tersebut, biasa disingkat DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4, hidup di Indonesia dan memililiki karakteristik masing-masing.

“DEN-1 punya ciri khas, ketika masuk ke suatu daerah yang belum pernah terjangkit sebelumnya, virusnya sangat cepat menyebar. Namun, tidak menyebabkan penyakit parah meski kasus yang ditimbulkan banyak,” papar Tedjo.

Bagaimana dengan DEN-2 dan DEN-3? Tedjo menyebutkan bahwa kedua jenis ini merupakan jenis yang paling ganas.

“DEN-2 dan DEN-3 cenderung menyebabkan keparahan penyakit. Kalau kena, tingkat keparahannya tinggi. Hal ini terjadi di Indonesia juga luar negeri,” tambahnya.

Sementara itu, DEN-4 adalah jenis virus yang paling sedikit ditemukan serta tidak ganas.

“DEN-4 paling jarang ditelit, karena paling sedikit jumlahnya di Indonesia dan di luar negeri. Kami (Eijkman Institute) telah melakukan penelitian ke 20 kota di Indonesia, dan DEN-4 paling sedikit jumlahnya. Virusnya cenderung agak silent, tidak masif,” papar Tedjo.

Tingkat imunitas

Hal kedua yang berpengaruh terhadap parah atau tidaknya penyakit DBD adalah tingkat imunitas individu, yang terpengaruh oleh kekebalan populasi.

“Parah atau tidaknya penyakit DBD tergantung pada imunitas masing-masing orang. Tidak semua orang penyakitnya parah. Ada juga yang hanya demam, dua atau tiga hari kemudian sembuh,” tutur Tedjo.

Tedjo menyebutkan bahwa pada umumnya gejala DBD adalah demam tinggi tanpa disertai flu atau batuk.

“Berarti sudah pasti terkena virus kan itu. Separah apa, tergantung imun kita,” lanjutnya.

Benarkah orang dewasa lebih parah?

Secara statistik, lanjut Tedjo, wanita dan laki-laki memiliki prevalensi yang sama terhadap kasus DBD. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki kasus DBD yang lebih parah dibanding pria.

Begitu pun dengan anak yang mengalami obesitas, orang dewasa, serta bayi.

“Orang dewasa cenderung lebih parah karena sudah punya penyakit penyerta misalnya diabetes, jantung, ginjal. Sementara bayi, imunnya belum terbentuk sehingga pasti lebih parah,” lanjut Tedjo.

Penelitian juga membuktikan bahwa orang ras Afrika lebih tahan terhadap DBD dibanding orang Asia.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/16/180300523/benarkah-orang-dewasa-lebih-parah-saat-terkena-dbd-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke