Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Virus Misterius Tanpa Gen di Brasil, Seperti Apakah?

Kompas.com - 11/02/2020, 13:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Para ilmuwan telah mengidentifikasi virus misterius yang genomnya tampaknya sangat baru di dunia sains. Bahkan, belum pernah didokumentasikan sebagai gen asing di penelitian manapun.

Melansir Science Alert, Selasa (11/2/2020), virus itu dinamai Yaravirus, diambil dari nama Yara atau Lara, figur ratu air dalam mitologi Brasil. Virus ini ditemukan di Danau Pampulha, yakni danau buatan di kota Brasil, Belo Horizonte.

Kendati Yaravirus (Yaravirus braziliensis) mungkin bukan sinyal supernatural, namun terbukti virus ini sama misteriusnya dengan legenda nimfa air.

Sebab, dalam makalah yang diterbitkan di BioRxiv para peneliti menjelaskan virus ini memiliki garis keturunan baru virus amuba dengan asal dan filogeni yang membingungkan.

Baca juga: Studi Ungkap, Virus Corona Bisa Hidup 9 Hari di Luar Tubuh Manusia

Dua anggota tim senior penelitian ini yakni ahli virologi, Bernard La Scola dari Aix-Marseille University di Prancis dan Jônatas S. Abrahão dari Brazil's Federal University of Minas Gerais membantu penelitian tersebut, sebelumnya keduanya membantu menemukan dua virus baru.

Tupanvirus adalah virus raksasa yang habitatnya ditemukan di perairan ekstrem. Sedangkan Giant viruses, berbeda dengan varietas biasa, sebab kapsid atau cangkang protein yang membungkus partikel virus sangat besar.

Bentuk-bentuk virus yang jauh lebih besar ini baru ditemukan pada abad ini. Bukan hanya karena ukurannya yang besar, tetapi virus ini juga memiliki genom yang lebih kompleks.

Baca juga: Es Arktik Mencair, Virus Raksasa Kuno Bisa Bangkit Kembali

Selain itu, dengan ukuran cangkangnya juga memberikan kemampuan untuk mensintesis protein. Di antaranya melakukan hal-hal seperti perbaikan DNA, replikasi DNA, transkripsi dan menerjemahkan DNA.

Sebelum penemuan, selama ini virus dianggap sebagai entitas yang relatif lembam, tidak hidup dan hanya mampu menginfeksi inangnya.

Melalui penelitian ini, membuktikan bahwa virus jauh lebih kompleks daripada yang pernah diyakini dalam beberapa tahun terakhir.

Gen Yaravirus belum dideskripsikan

Yaravirus tampaknya bukan virus biasa, karena terdiri dari partikel berukuran 80 nanometer, namun yang menarik adalah genomnya yang tampak unik.

"Sebagian besar virus amuba yang diketahui telah terlihat berbagi banyak fitur yang akhirnya mendorong penulis untuk mengklasifikasikannya ke dalam kelompok evolusi umum," tulis para penulis.

Hanya saja bertentangan dengan apa yang diamati pada virus amuba yang terisolasi lainnya, Yaravirus tidak diwakili oleh partikel besar atau raksasa dan genom kompleks.

Akan tetapi, kata penulis, Yaravirus pada saat yang sama membawa sejumlah penting gen yang sebelumnya tidak dideskripsikan.

Baca juga: 5 Daftar Penyakit Zoonosis Paling Mematikan, H1N1 sampai Virus Corona

Dalam pengamatan, para peneliti menemukan lebih dari 90 persen gen Yaravirus belum pernah dideskripsikan, membentuk apa yang dikenal sebagai gen yatim alias ORFans.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com