Bisa Dilakukan di Rumah, Begini Cara Deteksi Awal Kanker Tiroid

Kompas.com - 11/02/2020, 17:04 WIB
Ilustrasi kanker tiroid Ilustrasi kanker tiroid

KOMPAS.com - Jika menderita kanker termasuk kanker tiroid, Anda harus waspada dan konsisten melakukan pengobatan seumur hidup. 

Namun, kanker tiroid dapat dicegah dengan menghindari faktor risiko serta melakukan deteksi dini layaknya kanker jenis lain.

Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir sekaligus Dokter Konsultan Pita Tosca, dr Ryan Yudistiro, SpKN FANMB PhD, mengatakan bahwa siapapun berisiko terkena kanker tiroid.

Baca juga: Benjolan di Leher Depan, Hati-hati Gejala Kanker Tiroid

Hal itu karena pola gaya hidup yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, kurang berolahraga, dan makan serta minum yang tidak sehat bagi saluran pencernaan.

"Tapi, meski penyakit ini tidak diketahui penyebabnya, bisa dicegah dengan deteksi dini dan juga bisa diobati meski harus konsisten kontrol terus paska terapi nanti," kata Ryan dalam acara Diskusi dan Edukasi Kesehatan Tiroid untuk para Pejuang Tiroid Indonesia oleh Pita Tosca, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Cara deteksi dini benjolan tiroid:

1. Berdiri di depan cermin

2. Pandangan di arahkan ke atas, sehingga bagian leher terbuka lebar

3. Lakukan gerakan menelan

4. Perhatikan daerah di bawah jakun

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X