Resisten Antimikroba Jadi Ancaman Terbesar Kesehatan Global

Kompas.com - 24/11/2019, 10:04 WIB
Ilustrasi mikroba. Tribun BanjarmasinIlustrasi mikroba.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan resistensi antimikroba (AMR) sebagai salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan masyarakat global saat ini.

AMR dapat memengaruhi tidak hanya kesehatan manusia, namun juga kesehatan hewan dan lingkungan yang berperan di sekitar.

Saat ini, sekitar 700.000 kematian per tahun dikaitkan dengan resistensi antimikroba, dan juga banyaknya jumlah hewan ternak yang mati akibat tidak mampu mengendalikan infeksi.

Baca juga: Kenali Resistensi Antibiotik, Satu dari 10 Besar Ancaman Kesehatan Global

Ironisnya, jika tanpa adanya upaya pengendalian global, AMR diprediksi akan menjadi pembunuh nomor satu di dunia pada tahun 2050 dengan tingkat kematian mencapai 10 juta jiwa per tahun.

Jika hal itu terjadi, maka itu akan melampaui kematian yang disebabkan penyakit jantung, kanker dan diabetes. Bahkan akan menimbulkan krisis ekonomi global.

Apa itu AMR?

Pada umumnya banyak orang hanya mengenal antibiotik. Nah, antibiotik hanyalah bagian dari antimikroba (AMR).

Mikroba melingkupi di dalamnya berbagai organisme yaitu virus, bakteri (bios/biotik), jamur, protozon ataupun parasit. Oleh karena itu, antimikroba (AMR) merupakan obat yang penting untuk mengobati infeksi pada manusia dan hewan yang diakibatkan oleh organisme jahat mikroba yang menyerang tubuh.

Sifat dari antimikroba adalah menghambat perkembangbiakan organisme jahat yang ada tersebut.

Dokter anak Purnamawati Sujud SpA, mengatakan bahwa antimikroba ini baik untuk pengobatan. Tapi kalau tubuh sudah resisten (menolak) terhadap antimikroba ini maka penyakit akan sulit disembuhkan.

" Antimikroba adalah satu jenis obat-obatan yang memiliki fungsi untuk membunuh atau menghambat laju pertumbuhan mikroba, dimana salah satunya adalah antibiotik. Dan antibiotik digunakan untuk menyembuhkan infeksi bakteri pada manusia dan hewan," kata Wati dalam acara pekan kesadaran antibiotik sedunia 2019 di Lampung, Kamis (21/11/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X