Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemegang Rekor Jagat Raya, Inilah 12 Objek Terbesar di Alam Semesta

Kompas.com - 08/10/2019, 20:07 WIB
Hana Nushratu,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alam semesta merupakan tempat sangat besar dengan berbagai macam objek raksasa di dalamnya.

Alam semesta yang kita tinggali terhimpun dari banyak benda langit seperti bintang, planet, galaksi, eksoplanet, dan lain sebagainya.

Dari semua benda langit yang ada, tentu ada objek dengan ukuran sangat masif yang jauh melampaui ukuran benda langit serupa.

Diberitakan Live Science, Jumat (4/10/2019), inilah 12 objek terbesar yang pernah ditemukan para ilmuwan di alam semesta:

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Perbedaan Asteroid, Komet, dan Meteor

1. Eksoplanet terbesar, GQ Lupi b

Eksoplanet GQ Lupi b, merupakan eksoplanet terbesar di tata surya yang besarnya 3,5 kali lebih besar dibanding ukuran Jupiter. Gambar di samping adalah perbandingan GQ Lupi b (A) dengan orbitnya, bintang muda (B) Eksoplanet GQ Lupi b, merupakan eksoplanet terbesar di tata surya yang besarnya 3,5 kali lebih besar dibanding ukuran Jupiter. Gambar di samping adalah perbandingan GQ Lupi b (A) dengan orbitnya, bintang muda (B)
Eksoplanet atau planet di luar tata surya dengan ukuran termasif adalah GQ Lupi b. Eksoplanet misterius ini ditemukan pertama kali pada 2005.

Eksoplanet GQ Lupi b mengorbit pada bintang muda dengan jarak sekitar dua setengah kali lebih jauh dibanding jarak Pluto dengan Matahari.

Belum banyak penelitian tentang GQ Lupi b. Namun perkiraan paling akhir menunjukkan bahwa radius eksoplanet ini 3,5 kali Jupiter, menjadikannya eksoplanet terbesar yang pernah ditemukan.

2. Bintang terbesar, UY Scuti

Ilustrasi bintang UY Scuti dibanding matahari. Bintang UY Scuti adalah bintang terbesar di semesta, ukuran jari-jarinya 1.700 kali lebih besar dibanding Matahari. Ilustrasi bintang UY Scuti dibanding matahari. Bintang UY Scuti adalah bintang terbesar di semesta, ukuran jari-jarinya 1.700 kali lebih besar dibanding Matahari.
UY Scuti merupakan bintang raksasa dan paling besar di alam semesta. Jari-jari lingkarannya 1.700 kali lebih besar dibanding Matahari.

Jika bintang UY Scuti berada di pusat tata surya, tepinya akan menyentuh tepat di luar orbit Jupiter. Gas dan debu yang mengalir dari bintang akan meluas lebih jauh, di luar orbit Pluto, atau sekitar 400 kali jarak Bumi ke Matahari.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Seperti Bumi, Bulan Juga Sering Gempa

3. Nebula terbesar, The Tarantula Nebula

Largest Nebula: the Tarantula Nebula Largest Nebula: the Tarantula Nebula

Nebula yang berarti “kabut” dalam bahasa latin adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.

Nebula yang terbesar dan sebagai wilayah pembentuk bintang yang paling aktif di lingkungan galaktika, The Tarantula Nebula, membentang lebih dari 1.800 tahun cahaya pada bentang terpanjangnya.

The Tarantula Nebula ini juga memiliki nama lain yaitu 30 Doradus, dan terletak 170.000 tahun cahaya dari Bumi di Awan Magellan Besar (galaksi satelit kecil yang mengorbit di galaksi Bimasakti).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com