Rahasia Alam Semesta: Seperti Bumi, Bulan Juga Sering Gempa

Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Layaknya Bumi, ternyata Bulan juga mengalami gempa. Namun, tahukah Anda apa yang menyebabkan gempa di Bulan?

Dilansir dari Space.com, 13 mei 2019; ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gempa di bulan:

Aktivitas tektonik

Menurut para peneliti, gempa Bulan terjadi karena Bulan bergetar saat menyusut.

Aktivitas tektonik di Bumi, seperti gempa Bumi dan gunung berapi, merupakan hasil dari goncangan lempeng tektonik yang didorong oleh interior cair planet ini.

Nah, di Bulan juga terdapat cairan planet tersebut, hanya saja telah lama mendingin, sehingga tidak banyak yang menduga bahwa Bulan juga mengalami aktivitas tektonik.

Baca juga: Untuk Apa Manusia Mendarat (Kembali) ke Bulan?

Namun, pada 2010, gambar beresolusi tinggi dari Lunar Reconnaissance Orbiter mengungkapkan adanya jaringan ribuan sesar di Bulan yang membuktikan adanya aktivitas tektonik Bulan, meskipun tidak jelas kapan aktivitas ini terjadi.

Selain itu, seismometer di empat lokasi pendaratan Apollo di Bulan juga merekam 28 gempa Bulan dangkal antara 1969 dan 1977, dengan magnitudo 1,5 hingga 5 skala Richter.

Namun, apakah gempa dangkal ini ada hubungannya dengan sesar di Bulan atau disebabkan oleh hal lain?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Geoscience pada bulan Mei 2019 menemukan bahwa delapan di antaranya berada dalam jarak sekitar 30 kilometer dari sesar Bulan.

Sementara itu, tujuh gempa lainnya terjadi dalam jarak 60 kilometer dari sesar ketika Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi, dan bagian-bagian tertentu dari Bulan mengalami tekanan terbesar dari tarikan gravitasi Bumi.