Mengenal Burung Urban, Jenis Burung Liar yang Bisanya Hidup di Kota

Kompas.com - 13/09/2019, 07:46 WIB
Ilustrasi burung dara Ilustrasi burung dara

KOMPAS.com - Kita menyebut manusia yang tinggal di perkotaan sebagai masyarakat urban. Selain manusia, ada juga lho burung urban.

Sama seperti manusia, burung urban merupakan burung yang habitat atau tempat tinggalnya di perkotaan.

Peneliti dan Pengamat Burung dari NGO Fauna and Flora International-Indonesia Program, Ady Kristanto SSi mengatakan, beberapa burung yang bisa digolongkan sebagai burung urban antara lain burung gereja dan burung tekukur.

Baca juga: Khas dan Unik, 7 Jenis Burung Cendrawasih Endemik Indonesia

Burung gereja alias burung pingai, merupakan jenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae.

Burung-burung ini mendiami perkotaan dalam jumlah sangat besar. Ady menyebut, meski hidup di alam liar dan tidak dipelihara, burung gereja tergolong jinak.

Sementara burung tekukur (Spilopelia chinensis), merupakan burung merpati kecil yang memiliki ekor agak panjang dan berdarah panas.

"Dua jenis burung ini (adalah) jenis burung yang tidak bisa tinggal di hutan alami," kata Ady ditemui seusai acara Mari Cerita Papua, di Jakarta (11/9/2019).

"Bahkan sebenarnya burung gereja ini enggak bisa tinggal di hutan asli. Kalau diperjalanan udah nemu burung ini, pastilah itu daerah tidak jauh dari desa. Udah kental habitatnya burung gereja ini dengan keramaian manusia," imbuh Ady.

Selain Jakarta, kota besar lainnya seperti Bandung dan Surabaya, saat ini masih dilakukan observasi tentang burung urban tersebut.

Meski hidup di kota, burung urban tetap bisa bertahan hidup karena masih terdapat pepohonan di beberapa wilayah di perkotaan.

"Jadi, mereka (burung urban) itu juga masih bertahan di kota karena masih ada beberapa wilayah, misal di Jakarta sendiri, ada taman dan pepohonan yang dijaga, meski tidak di kebun binatang saja," tutur Ady.