Setinggi Bocah, Ini Burung Betet Terbesar yang Pernah Hidup di Dunia

Kompas.com - 09/08/2019, 12:56 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehidupan purba penuh dengan hewan raksasa yang tak pernah terduga. Seperti halnya burung betet yang ternyata punya nenek moyang setinggi lebih dari satu meter dan berat sekitar tujuh kilogram, membuatnya menjadi burung betet paling besar yang pernah hidup di dunia.

Para peneliti menemukan kerangka spesies burung betet yang telah punah di Selandia Baru. Spesies yang dikenal sebagai Heracles inexpectatus ini diperkirakan hidup pada masa Miosen Awal sekitar 23 juta hingga 16 juta tahun yang lalu.

Nama Heracles sendiri memang diambil dari tokoh mitologi Yunani yang dikenal dengan keberaniannya berpetualang dengan binatang buas yang besar.

"Heracles adalah betet terbesar yang pernah ada. Paruhnya yang besar dapat membuka apapun yang diinginkan, memakan lebih dari sekedar makanan betet konvensional," kata Mike Archer, peneliti dari Univeristy of New South Wales.