Penemuan yang Mengubah Dunia: Fiber Optik, Si Pelancar Komunikasi

Kompas.com - 30/08/2019, 20:00 WIB
Ilustrasi laptop dan ponsel. Ilustrasi laptop dan ponsel.

KOMPAS.com - Kabar terbaru dari Papua mengungkap, layanan telekomunikasi di pulau paling timur Indonesia mati karena ada yang membakar kabel koneksi antar-base transceiver station (BTS) dan dugaan pemotongan kabel utama jaringan optik Telkomsel.

Akibat peristiwa ini, jaringan telekomunikasi termasuk telekomunikasi seluler di Jayapura terputus pada Kamis (29/8/2019).

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerin Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangarepan mengungkap, pihaknya mendapat laporan pembakaran kabel koneksi antar-BTS dari operator telekomunikasi.

"Tidak ada (kebijakan) pemutusan telekomunikasi. Dari laporan operator, kabel koneksi antar-BTS dibakar massa. Ini yang mengakibatkan jaring selular mati. Ada 313 BTS yg tidak berfungsi," ujar Samuel saat dikonfirmasi Kompas.com.

BTS merupakan peralatan yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peralatan pengguna (UE) dengan jaringan.

UE sendiri merupakan perangkat komunikasi seperti ponsel, ponsel WLL, dan komputer dnegan konektivitas internet nirkabel.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (30/8/2019) dengan judul Kabel Koneksi Antar-BTS Dibakar Massa, 313 BTS di Jayapura Mati, Menkominfo Rudiantara mengatakan, ada yang memutus kabel utama jaringan optik Telkomsel sehingga menyebabkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di Jayapura, Papua.

Baca juga: Kabel Koneksi Antar-BTS Dibakar Massa, 313 BTS di Jayapura Mati

Pemberitaan di atas menandakan, kabel koneksi antar-BTS dan kabel optik merupakan fasilitas penting dalam komunikasi nirkabel.

Namun, bagaimana kedua hal ini bisa membuat kita berkomunikasi jarak jauh?

Untuk diketahui, kegiatan menelepon, mengirim pesan singkat, mengirim email, berselancar di internet sangat mudah dilakukan berkat penemuan fiber optik. Bisa dikatakan, fiber optik menjadi "alat" pengirim data berkecepatan tinggi dengan menggunakan cahaya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X