Penemuan yang Mengubah Dunia: Sandi Morse, Telegraf hingga Pramuka

Kompas.com - 12/08/2019, 21:05 WIB
Samuel Morse, penemu Telegraf dan Sandi Morse.Shutterstock Samuel Morse, penemu Telegraf dan Sandi Morse.

KOMPAS.com - Keberlangsungan hidup manusia saat ini tidak lepas dari penemuan-penemuan penting di masa lalu.

Penemuan-penemuan itu kemudian diakumulasikan menjadi sebuah terobosan besar yang dapat dimanfaatkan oleh manusia saat ini.

Jauh sebelum ada internet, manusia membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan pesan melalui surat. Hal itu tidak mungkin digunakan ketika dalam kondisi darurat.

Untuk mengatasinya, orang-orang jaman dulu seringkali menggunakan drum, sinyal asap, atau bendera untuk bertukar informasi ketika berada di dua lokasi yang saling berjauhan.

Baca juga: Hari Pramuka, Ini 3 Fakta di Balik Terbentuknya Praja Muda Karana

Akan tetapi, metode tersebut membutuhkan kondisi cuaca yang terang agar pesan tidak terhalang oleh kabut atau mendung.

Selain itu, cara itu tidak bisa dilakukan di malam hari.

Di tahun 1830-an, Samuel Finley Breese Morse dan Alfred Vail berhasil mengembangkangkan telegraf yang ada saat itu menjadi telegraf elektrik dan menggunakan kode-kode khusus.

Penemuan besar ini kemudian disusul dengan penemuan lain berupa Sandi Morse.

Pada dasarnya, kode Morse adalah alat komunikasi awal yang menggunakan titik dan garis atau suara panjang dan pendek yang berkorelasi dengan setiap huruf alfabet latin.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X