Kenapa Saat Berlari Lengan Kita Berayun?

Kompas.com - 13/08/2019, 10:24 WIB
ilustrasi berlari ilustrasi berlari

KOMPAS.com - Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa ketika berlari, lengan otomatis berayun di depan dada, padahal ketika berjalan tangan bisa lurus sejajar dengan tubuh?

Penelitian terbaru menyelidiki bagaimana posisi lengan mempengaruhi efisiensi energi dengan melakukan pengujian terhadap perpindahan gerakan di treadmill yang dilakukan oleh delapan orang, yaitu empat orang pria dan empat orang wanita.

Perpindahan yang dimaksudkan yakni aktivitas berjalan dan berlari (termasuk aktivitas dengan lengan lurus dan kemudian dengan lengan yang bengkok).

Para ilmuwan menggunakan kamera infrared dan perangkat lunak untuk merekam gambar perpindahan tubuh yang dilakukan peserta, serta membuat ulang konstruksi tubuh dalam model digital 3D.

Baca juga: Sering Jadi Bahan Olok-olok, Apa Fungsi Lengan T-rex yang Mini?

Dua minggu kemudian, peserta mengulang kegiatan ini dengan memakai masker bernapas, sehingga peneliti bisa mengumpulkan data metabolisme yang dapat menunjukkan berapa energi yang digunakan oleh para peserta untuk melakukan masing-masing aktivitas.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa berjalan dengan lengan bengkok atau terayun lebih menguras energi daripada berjalan dengan tangan lurus. Setidaknya, pengeluaran energi mereka meningkat sekitar 11 persen karena dibutuhkan usaha lebih untuk menjaga lengan mereka bengkok, sementara gerakan mereka relatif lambat.

Sementara itu, energi yang dihabiskan para peserta untuk berlari dengan lengan lurus ditemukan sama saja dengan lengan bengkok. Namun, mereka menyatakan bahwa berlari dengan lengan lurus terasa canggung.

Dalam penelitian yang terbit di Journal of Experimental Biology, (9/7/2019), para ahli memang tidak berhasil menemukan alasan yang jelas dari berlari dengan lengan bengkok.

Baca juga: Mengapa Pria Bisa Berlari Lebih Cepat daripada Wanita?

Namun berdasarkan penelitian pada tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology, menahan lengan agar tetap diam ketika berlari menghabiskan lebih banyak energi daripada berlari dengan tangan terayun. Hal itu karena ayunan lengan menstabilkan badan saat berlari.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X