Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah yang Terjadi ketika Kecerdasan Buatan Google Belajar Berlari

Kompas.com - 09/08/2017, 17:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Bagi Anda, gambar di atas mungkin terlihat aneh. Namun, ini adalah sesuatu yang luar biasa.

Kecerdasan buatan milik Google, DeepMind, baru saja belajar berlari secara otodidak tanpa pernah diberitahu bagaimana caranya oleh para peneliti.

Dilaporkan dalam makalah terbaru mereka yang berjudul Emergence of Locomotion Behaviours in Rich Environments, para peneliti ingin mengetahui efek dari reinforcement learning dalam mengajari sebuah komputer mengenai lingkungan yang baru dan kompleks.

(Baca juga: Google Ciptakan Kecerdasan Buatan yang Bisa Prediksikan Masa Depan)

Bila berhasil, pembelajaran ini akan bisa diterapkan pada robot untuk memetakan lingkungannya di dunia nyata.

Mereka pun membuat sebuah lingkungan virtual, lengkap dengan berbagai tantangan yang mirip lapangan parkour, dan menyuruh DeepMind untuk berangkat dari titik A ke titik B dalam tiga bentuk tubuh, yakni yang menyerupai manusia, yang hanya badan dan kaki, dan yang mirip laba-laba berkaki empat.

Hasilnya sangat luar biasa. Setelah jatuh berkali-kali, DeepMind tidak hanya belajar untuk berlari dengan gerakannya yang aneh, tetapi juga menaiki tangga, menghindari dinding, melompat, dan kayang.

Bahkan, para peneliti bisa mendorong-dorong DeepMind pada bagian dada dan kecerdasan buatan tersebut akan tetap mempertahankan keseimbangannya dan melaju.

(Baca juga: Ini 4 Bukti Kecerdasan Buatan Sudah Kalahkan Manusia)

Bila ketiga bentuk tubuh dibandingkan, para peneliti mendapati bahwa DeepMind paling efisien dan paling stabil ketika bergerak dalam bentuk laba-laba.

Sebaliknya, dalam bentuk tubuh manusia, DeepMind tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tangannya dan membuat gerakan-gerakan aneh.

Simak bagaimana DeepMind berlari dalam video di bawah ini:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com