Mengenal Thirty Meter Telescope yang Diprotes "Aquaman" Jason Momoa

Kompas.com - 12/08/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi TMT Thirty Meter TelescopeIlustrasi TMT

KOMPAS.com -  Jason Momoa dikabarkan tidak dapat melakukan syuting film Aquaman 2 karena sedang fokus memprotes pembangunan Thirty Meter Telescope (TMT) di kampung halamannya.

Protes yang dilakukan secara langsung dan melalui media sosialnya oleh Jason Momoa ini, menjadikan TMT yang rencananya akan dibangun di Mauna Kea, Hawaii ini kembali hangat diperbincangkan.

Apa itu TMT?
Menurut situs web proyeknya, Thirty Meter Telescope ialah teleskop terbaru yang akan masuk golongan Extremely Large Telescope (teleskop sangat besar).

Baca juga: Teleskop James Webb NASA Bakal Ubah Cara Manusia Memandang Semesta

Cermin utama TMT itu sendiri berdiameter 30 meter, ini membuatnya tiga kali lebih lebar dan sembilan kali lebih luas dari teleskop pada umumnya.

Dengan menggunakan TMT, para ilmuwan akan bisa melihat lebih dalam ke ruang angkasa dan mengamati objek atau benda langit kosmik dengan sensivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Ini akan memberikan resolusi yang tak tertandingi dengan gambar TMT yang tajamnya atau jelasnya lebih dari 12 kali Hubble Space Telescope," tulis situs web itu.

"Ketika operasional, TMT akan memberikan peluang pengamatan baru pada bidang astronomi dan astrofisika" imbuhnya lagi.