Kompas.com - 28/01/2019, 19:04 WIB


KOMPAS.com - Foto-foto yang dikirim pesawat penjelajah NASA ke galaksi Ultimo Thule terus mencengangkan para pakar, seperti juga foto-foto yang dikirim oleh pesawat penyelidik China yang mendarat di sisi bulan yang tidak pernah tampak dari bumi.

Dalam waktu dekat ini teleskop antariksa James Webb akan memungkinkan para pakar NASA untuk melihat lebih jauh lagi ke alam raya.

Teleskop James Webb akan diluncurkan tahun 2021 dan diperkirakan akan mengubah cara manusia melihat alam raya.

Baca juga: Teleskop Hubble Abadikan Senyuman Galaksi Tempat Kelahiran Bintang

"Teleskop James Webb khusus dirancang menggunakan gelombang sinar infra merah. Ini pernah kami gunakan sebelumnya, tapi belum pernah seperti cara yang akan kami gunakan dalam teleskop baru ini. Kami berharap akan bisa memperluas pengertian kita tentang alam raya dengan alat ini," kata Dr. Stephen Wilkins dari Universitas Sussex di Inggris.

Teleskop yang menggunakan sinar infra merah itu akan memungkinkan para pakar melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat mata biasa.

Gelombang sinar infra merah tidak menyebar seperti cahaya lain yang bisa kita lihat, ketika gelombang itu melalui lapisan gas dan debu antar bintang. Karena itu teleskop James Webb ini akan bisa melihat lebih jauh dan lebih jelas.

"Teleskop Webb akan membuka mata kita guna bagi hal-hal baru yang belum pernah terlihat sebelumnya. Teleskop itu mula-mula akan diarahkan ke galaksi-galaksi yang paling jauh di alam raya. Karena jarak yang sangat jauh itu, kita hanya akan bisa melihatnya dengan menggunakan gelombang sinar infra merah,” ujarnya.

Baca juga: Resmi Sudah, Teleskop Kepler Purna Tugas

Teleskop Webb ini juga jauh lebih baik dari teleskop Hubble yang telah berada di orbit sejak tahun 1990.

"Teleskop ini punya cermin yang lima kali lebih besar dari yang dipasang pada Hubble, dan akan ditempatkan kira-kira 1,5 juta km dari bumi sehingga bisa melihat benda-benda langit yang lebih redup," imbuh Wilkins.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.