Resmi Sudah, Teleskop Kepler Purna Tugas

Kompas.com - 31/10/2018, 19:40 WIB
Ilustrasi Teleskop Kepler Ilustrasi Teleskop Kepler

KOMPAS.com - Pagi tadi (31/10/2018) atau masih hari Selasa waktu setempat, Badan Antariksa AS (NASA) mengumumkan bahwa teleskop Kepler telah kehabisan bahan bakar. Artinya, Kepler telah menemui ajalnya dan tidak akan melakukan penelitian ilmiah lagi.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (30/10/2018), sejak diluncurkan pada Maret 2009 lalu, Kepler telah mengidentifikasi lebih dari 2.600 planet di luar tata surya kita.

Tak hanya itu, Kepler juga menemukan bahwa separih bintang yang terlihat dari Bumi memiliki planet-planet kecil mirip batuan.

Sebelumnya, awal tahun ini, Kepler hampri kehabisan bahan bakar. Sejak saat itu, NASA mulai merencanakan penggantian dan pengambil alihan satelit pencari planet ekstrasurya.

Meski tidak lagi bisa mengumpulkan data dari planet-planet, Kepler masih punya segudang gambar untuk diperiksa oleh NASA dan para ilmuwan.

Bahkan, data yang sudah dikumpulkan Kepler bisa membuat para astronom sibuk bertahun-tahun mendatang.