Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Bobot Galaksi Bima Sakti Akhirnya Terpecahkan

Kompas.com - 08/03/2019, 17:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Kamis (7/3/2019) para astronom mengumumkan telah menemukan berat Bima Sakti yang akurat untuk pertama kalinya. Dalam perhitungannya, mereka menggunakan set data baru yang mencakup berat materi gelap.

Ini adalah proyek kolaborasi antara NASA dan wahana antariksa Gaia milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang memonitor posisi dan gerakan bintang-bintang juga obyek angkasa lainnya.

Mereka menemukan, galaksi kita sekitar 1,5 triliun massa matahari.

Perkiraan sebelumnya menempatkan massa Bima Sakti berkisar antara 500 miliar sampai 3 triliun kali massa matahari.

Baca juga: Prediksi Tabrakan Galaksi yang Akan Lemparkan Bumi dari Bima Sakti

Ketidakpastian itu terutama bersumber dari berbagai metode yang digunakan untuk mengukur materi gelap, yang tidak menyerap atau memantulkan cahaya apapun dan diperkirakan membentuk hampir 90 persen materi di semesta.

"Kami tidak bisa mendeteksi materi gelap secara langsung. Itulah yang menyebabkan massa Bima Sakti tidak pasti, mengingat kita tidak bisa mengukur secara akurat apa yang tidak nampak," ujar Laura Watkins dari European Southern Observatory yang berbasis di Jerman.

Melansi AFP, Jumat (8/3/2019), untuk menyiasati tantangan tersebut, tim mengukur kecepatan gugus bola atau pengelompokan padat bintang yang mengorbit galaksi pada jarak sangat jauh.

"Semakin besar sebuah galaksi, semakin cepat gugusannya bergerak karena gaya gravitasi," imbuh N. Wyn Evans dari Institut Astronomi Universitas Cambridge.

"Sebagian besar pengukuran sebelumnya telah menemukan kecepatan di mana sebuah klaster mendekati atau mundur dari Bumi, yaitu kecepatan di sepanjang garis pandang kita," imbuh Evans.

Sebagai gantinya, para ahli menggunakan data yang dikumpulkan wahana Gaia dan teleskop Hubble milik NASA untuk mengukur gerakan menyamping klaster.

Dari sini mereka dapat menghitung kecepatan total dan massa Bima Sakti.

Baca juga: Para Peneliti Revisi Waktu Tabrakan Bima Sakti dan Andromeda

Bima Sakti adalah galaksi yang berisi tata surya Bumi dan rumah bagi 400 miliar bintang dan kurang lebih 100 miliar planet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com