Astronom: Butuh 200 Juta Tahun Cahaya untuk Mengelilingi Bima Sakti

Michael Hangga Wismabrata,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Ukuran lingkaran cakram yang mengelilingi galaksi kita, Bima Sakti, ternyata lebih besar daripada yang pernah diperkirakan sebelumnya.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian para astronom di Institut Astrofisika di Kepulauan Canary beberapa waktu lalu terhadap jumlah kandungan logam berat di sebuah pecahan bintang.

Menurut para peneliti, kandungan logamnya melonjak tajam dan pecahan tersebut biasanya berasal dari bintang-bintang yang berasal dari cakram di sekitar Bima Sakti.

"Kami melihat ada pecahan yang cukup besar dari bintang-bintang dengan kandungan logam yang lebih tinggi dan ini karakteristik dari bintang-bintang di cakram galaksi, yang melebihi ambang batas dari jari-jari cakram galaksi," kata Carlos Allende, peneliti dari Institut Astrofisika di Kepulauan Canary (IAC) dikutip dari Space.com, Senin (02/07/2018).

Berdasar penelitian tersebut, para astronom memprediksi waktu tempuh untuk mengitari Bima Sakti akan memakan waktu 200 ribu tahun cahaya.

Artinya ini mematahkan prediksi para ahli sebelumnya yang menyebut waktu tempuh mengelilingi Bima Sakti hanya sekitar 100 sampai160 tahun cahaya.