Kompas.com - 01/08/2018, 13:04 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber NASA

KOMPAS.com - Teleskop Hubble buatan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Badan Antariksa AS (NASA) baru saja menangkap gambar sebuah galaksi "saudara" Bima Sakti.

Gambar yang diambil dari Wide Field Camera 3 (WFC3) teleskop tersebut memperlihatkan sebuah galaksi spiral yang indah. Galaksi ini dinamai NGC 6744.

Dilansir dari laman resmi NASA, Selasa (31/07/2018), pada pandangan pertama, galaksi ini menyerupai Bima Sakti. Hanya saja, ukurannya lebih besar dua kali lipat.

Untuk diketahui, galaksi Bima Sakti mempunyai diameter 100.000 tahun cahaya. Sedangkan galaksi yang tertangkap teleskop Hubble berukuran diameter 200.000 tahun cahaya.

Selain itu, NGC 6744 disebut "saudara" Bima Sakti karena beberapa kemiripannya. Galaksi itu memiliki wilayah pusat yang menonjol penuh dengan bintang-bintang kuning tua, seperti galaksi rumah kita.

Galaksi yang terlihat indah ini juga menunjukkan keaktifannya. Itu terlihat dari bagian lengan spiral berdebu dengan warna merah jambu dan biru.

Bagian warna biru itu menunjukkan gugus penuh bintang muda. Sedangkan warna merah jambu adalah wilayah pembentukan bintang aktif.

Keduanya menunjukkan galaksi ini masih sangat hidup.

Pada 2005, supernova 2005at ditemukan dalam NGC 6744. Ini juga menambah bukti bahwa galaksi tersebut masih sangat aktif.

Sebagai informasi, 2005at adalah supernova Tipe Ic. Artinya, ia terbentuk ketika bintang masif runtuh pada dirinya sendiri dan kehilangan amplop hidrogennya.