Kompas.com - 09/02/2019, 19:35 WIB
Ilustrasi merger antara Bimasakti dan Andromeda. NASAIlustrasi merger antara Bimasakti dan Andromeda.

KOMPAS.com – Para peneliti baru saja merevisi waktu perkiraan terjadinya tabrakan antara Bima Sakti dan Andromeda. Untungnya, prediksi baru ini lebih lambat daripada prediksi sebelumnya, yakni 4,5 miliar tahun dari yang sebelumnya 3,9 miliar tahun.

Hasil tersebut didasarkan pada observasi wahana antariksa Gaia milik Eropa yang memonitor posisi dan gerakan bintang-bintang dan obyek angkasa lainnya.

Mayoritas dari objek yang diamati oleh Gaia memang berada di dalam Bima Sakti, namun ia juga mengamati galaksi-galaksi tetangga, termasuk Andromeda atau M31 dan Triangulum atau M33.

Sebelumnya, Gaia juga telah digunakan untuk menciptakan peta tiga dimensi dari Bima Sakti yang paling akurat.