Prediksi Tabrakan Galaksi yang Akan Lemparkan Bumi dari Bima Sakti

Kompas.com - 06/01/2019, 20:07 WIB
Saat cuaca cerah dan tak ada polusi cahaya, Milky Way atau Galaksi Bima Sakti bisa terlihat di langit dan difoto menggunakan kamera. Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comSaat cuaca cerah dan tak ada polusi cahaya, Milky Way atau Galaksi Bima Sakti bisa terlihat di langit dan difoto menggunakan kamera.

KOMPAS.com – Tim astrofisikawan yang dipimpin oleh Universitas Durham memperkirakan tabrakan bima sakti dan galaksi Large Magellanic Cloud (LMC) yang akan terjadi sekitar2 miliar tahun lagi.

Akibat kejadian itu, bumi bisa terlempar keluar bersama seluruh tata suryanya dari bima sakti.

“Hanya ada kemungkinan kecil kita bisa selamat dari tabrakan dua galaksi yang melemparkan kita keluar dari Bima Sakti menuju ruang antarbintang,” ujar Marius Cautun, salah satu peneliti dan penulis studi yang dipublikasikan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, dalam siaran pers yang dikutip oleh CNET, Kamis (3/1/2019).

Temuan Cautun dan kolega ini mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, LMC yang cukup dekat untuk bisa diamati dengan mata telanjang kini sedang menjauh dari bumi.

Namun, hasil observasi terbaru menunjukkan bahwa galaksi yang lebih kecil dari Bima Sakti tersebut memiliki massa yang lebih besar dari perkiraan sebelumnya.