Tim Ekspedisi Temukan Lorong Misterius dan Plastik di Great Blue Hole

Kompas.com - 28/02/2019, 18:03 WIB
Great Blue Hole, lubang raksasa yang terletak 70 kilometer dari pesisir Belize, Amerika Tengah, dan memiliki panjang 318 meter dan kedalaman 125 meter. Great Blue Hole, lubang raksasa yang terletak 70 kilometer dari pesisir Belize, Amerika Tengah, dan memiliki panjang 318 meter dan kedalaman 125 meter.


KOMPAS.com - Para ahli menemukan hal misterius di dasar Great Blue Hole, yang jaraknya sekitar 70 kilometer dari pesisir Belize, Amerika Tengah. Selain stalaktit, mereka juga menemukan jalur misterius yang tak bisa diidentifikasi.

Pada Desember 2018, sekelompok tim ekspedisi Great Blue Hole termasuk miliarder Richard Branson dan Fabien Cousteau, cucu penjelajah legendaris Perancis Jacques Cousteau, menyelami great blue hole untuk mencari tahu isi di dalamnya.

Untuk diketahui, Great Blue Hole memiliki diameter lebih dari 318 meter dan kedalaman 125 meter. Ini adalah suatu keajaiban alam yang belum pernah dieksplorasi.

Great blue hole sebenarnya adalah gua batu kapur yang terbentuk ratusan ribu tahun lalu saat permukaan laut jauh lebih rendah.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Isi Great Blue Hole Terungkap

Pada akhir zaman es terakhir, lapisan es meleleh dan membuat permukaan air laut naik. Hal ini membuat gua tenggelam dan menjadi Great Blue Hole.

Di bulan November sampai Desember tahun lalu, tim ekspedisi melakukan lebih dari 20 penyelaman untuk membuat peta 3D dari Great Blue Hole.

Salah satu penyelaman yang merekam aksi Branson, Cousteau, dan pilot kapal selam Erika Bergman berkelana di Great Blue Hole disiarkan secara langsung di Discovery Channel.

Dalam wawancara dengan CNN, Bergman menceritakan bahwa dia sempat melihat stalaktit yang belum pernah dicatat sebelumnya.

"Itu sangat menarik karena daerah itu belum ditemukan dan dipetakan sebelumnya," kata Bergman.

Sama sekali tak ada cahaya yang bisa menembus dasar Great Blue Hole. Beruntung, peralatan sonar beresolusi tinggi memungkinkan tim melihat kekayaan tersembunyi di dalamnya.

"Dari jarak 20 sampai 30 meter dari stalaktit, Anda bisa melihat setiap detail yang sempurna, sangat indah," katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Newsweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X