Peneliti Bikin Ekspedisi Besar Pelajari Kotoran Paus, Buat Apa?

Kompas.com - 16/12/2018, 18:00 WIB
Kotoran paus di Huntington Beach, Calif.geek.com Kotoran paus di Huntington Beach, Calif.

KOMPAS.com - Peneliti akan mengadakan ekspedisi besar-besaran untuk mempelajari kotoran paus di Antartika.

Dalam ekspedisi selama 7 minggu ini, peneliti bakal menganalisis bagaimana kotoran paus mungkin memengaruhi biodiversitas atau keanekaragaman hayati.

Peneliti akan mengumpulkan feses paus dan menguji teori yang menunjukkan bagaimana ekskresi paus biru memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem laut selatan.

Baca juga: Fosil Paus Prasejarah Ungkap Tahapan Evolusi Mulut Penguasa Laut

Dilansir Geek.com, (26/11/2018), kotoran paus bertindak sebagai pupuk laut yang membantu bakteri laut dan fitoplankton berkembang di bawah air.

Tanpa kotoran paus, bakteri dan fitoplankton tidak akan mampu mendaur ulang nutrisi dan menyediakan makanan untuk hewan lain.

Pada 19 Januari, tim akan berangkat dari Hobart, Australia. Tim akan menggunakan Research Vessel Investigator, sebuah kapal yang didanai oleh the Australian Antarctic Division and the Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation untuk melakukan penelitian tersebut.

Pertama, mereka akan menggunakan sonar buoy untuk menemukan lokasi paus dan kemudian memakai drone untuk mengumpulkan kotoran paus yang biasanya berwarna oranye dan berbau menyengat.