Peneliti Bikin Ekspedisi Besar Pelajari Kotoran Paus, Buat Apa?

Kompas.com - 16/12/2018, 18:00 WIB
Kotoran paus di Huntington Beach, Calif.geek.com Kotoran paus di Huntington Beach, Calif.

KOMPAS.com - Peneliti akan mengadakan ekspedisi besar-besaran untuk mempelajari kotoran paus di Antartika.

Dalam ekspedisi selama 7 minggu ini, peneliti bakal menganalisis bagaimana kotoran paus mungkin memengaruhi biodiversitas atau keanekaragaman hayati.

Peneliti akan mengumpulkan feses paus dan menguji teori yang menunjukkan bagaimana ekskresi paus biru memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem laut selatan.

Baca juga: Fosil Paus Prasejarah Ungkap Tahapan Evolusi Mulut Penguasa Laut

Dilansir Geek.com, (26/11/2018), kotoran paus bertindak sebagai pupuk laut yang membantu bakteri laut dan fitoplankton berkembang di bawah air.

Tanpa kotoran paus, bakteri dan fitoplankton tidak akan mampu mendaur ulang nutrisi dan menyediakan makanan untuk hewan lain.

Pada 19 Januari, tim akan berangkat dari Hobart, Australia. Tim akan menggunakan Research Vessel Investigator, sebuah kapal yang didanai oleh the Australian Antarctic Division and the Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation untuk melakukan penelitian tersebut.

Pertama, mereka akan menggunakan sonar buoy untuk menemukan lokasi paus dan kemudian memakai drone untuk mengumpulkan kotoran paus yang biasanya berwarna oranye dan berbau menyengat.

Baca juga: Gara-gara Manusia, Kadar Stres Paus Meningkat Tajam

Dengan pengujian yang nantinya akan dilakukan, peneliti bisa menunjukkan bagaimana keberadaan paus biru sangat penting bagi keanekaragaman hayati laut.

"Saya ingin menunjukkan bahwa paus adalah insinyur ekosistem. Jika kita dapat menunjukkan berapa banyak hewan ini berkontribusi pada lautan, maka akan lebih mudah untuk menyelamatkan mereka," kata Lavenia Ratnarajah, ahli biogeokimia laut di University of Liverpool.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X