Ratusan Spesies Baru Ditemukan Tahun Ini, Ini 4 yang Paling Unik

Kompas.com - 11/12/2018, 13:38 WIB
Sekitar 120 meter di bawah permukaan Samudra Atlantik, hidup Tosanoides aphrodite yang suka bersembunyi di terumbu karang. Ikan ini hanya hidup di perairan sekitar Saint Paul Archipelago, Brasil. Sekitar 120 meter di bawah permukaan Samudra Atlantik, hidup Tosanoides aphrodite yang suka bersembunyi di terumbu karang. Ikan ini hanya hidup di perairan sekitar Saint Paul Archipelago, Brasil.

KOMPAS.com - Para ahli dari California Academy of Science dan Internasional telah menemukan 229 spesies flora dan fauna baru pada tahun ini.

Mulai dari katak, ular, kuda laut, dua tardigrada atau beruang air, tiga hiu, empat belut, tujuh labah-laba, 19 ikan (termasuk yang berwarna neon), 28 semut 34 siput laut, hingga 120 tawon. Sementara itu, dari dunia flora ada tujuh tanaman berbunga, satu lumut hati, dan satu lumut yang baru.

Berikut adalah beberapa di antaranya yang paling unik:

Baca juga: Mirip Gulali, Spesies Ikan Baru Ini Tinggal di Dasar Samudra Atlantik

1. Tawon ubah laba-laba jadi zombie

Larva tawon melekat pada tubuh laba-laba. Sebelumnya tawon zatypota yang baru saja ditemukan di Ekuador akan menyengat racunnya ke laba-laba dan menjadikannya zombie. Larva tawon melekat pada tubuh laba-laba. Sebelumnya tawon zatypota yang baru saja ditemukan di Ekuador akan menyengat racunnya ke laba-laba dan menjadikannya zombie.

120 tawon yang ditemukan semuanya anggota genus Pison dan berasal dari Australia atau Papua Niugini. Salah satu kelompok tawon disebut memiliki siklus hidup yang suram.

Mereka adalah tawon Zatypota yang hidup di ekuador. Tawon yang hidup secara berkoloni ini akan menyuntikkan racun ke laba-laba dan melumpuhkannya. Saat laba-laba sudah menjadi zombie, tawon akan menyeret laba-laa itu ke sarangnya dan menjadikannya tempat bertelur.

Laba-laba tetap hidup namun tidak bisa bergerak. Begitu telur menetas, larva yang baru lahir akan menempel di tubuh laba-laba. Untuk bertahan hidup, ia akan mengisap cairan mirip darah yang biasa ditemukan di hewan invertebrata, dari dalam tubuh laba-laba yang ditempelinya.

2. Kuda laut sebesar beras

Sementara kuda laut yang baru ditemukan disebut juga kuda laut babi Jepang dan ukurannya hanya sebesar beras.

babi Jepang atau Hippocampus japapigu, spesies baru kuda laut yang ditemukan di perairan Jepang babi Jepang atau Hippocampus japapigu, spesies baru kuda laut yang ditemukan di perairan Jepang

Kuda laut ini memiliki warna aneh yang sangat mirip dengan terumbu karang tertutup alga.

Sama seperti beberapa kuda laut babi lainnya, spesies baru ini juga memiliki tonjolan seperti sayap di leher. Bedanya, mereka hanya memiliki sepasang tonjolan dan belum jelas diketahui fungsinya.

3. Ular karang hitam putih