Kompas.com - 17/07/2018, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Peralatan dari batu yang ditemukan di China mungkin akan mengubah sejarah evolusi manusia. Sebab, benda itu diyakini dibawa oleh manusia purba saat bermigrasi keluar dari Afrika. Bukti ini menunjukkan, manusia bermigrasi lebih awal dari yang kita kira.

Hingga kini, bukti tertua manusia purba ke luar dari Afrika adalah temuan artefak berusia 1,8 juta tahun yang ditemukan di kota Georgia, Dmanisi.

Sedangkan peralatan batu yang ditemukan di China diprediksi berusia 250.000 tahun lebih tua dibanding bukti dari kota Georgia.

Baca juga: Rangka Manusia Ketiban Batu Ungkap Jejak Letusan Vesuvius di Pompeii

"Ini akan menjadi cerita baru. Artinya manusia purba meninggalkan Afrika lebih awal dari yang kita kira," kata arkeolog Michael Petraglia dari Institut Max Planck, di Jena, Jerman, yang tidak berpartisipasi dalam temuan tersebut dilansir Time, Kamis (12/7/2018).

Menurut para ahli, manusia purba yang pertama menetap di China adalah spesies sebelum Homo sapiens muncul. Peneliti percaya, alat-alat itu dibuat oleh kelompok evolusi Homo yang lain.

Adapun alat-alat yang ditemukan berupa batu yang retak, pecahan-pecahan, dan batu palu.

96 artefak ditemukan di sekitar kawasan Dataran Tinggi Loess, sebelah utara pegunungan Qinling yang memisahkan China Utara dan China Selatan.

Dalam penelitian yang terbit di jurnal Nature, Rabu (11/7/2018), beberapa batuan berusia sekitar 2,1 juta tahun.

"Kami sangat gembira dengan temuan ini. Salah satu rekan saya menemukan batu yang tertanam dalam tanah yang curam. Setelah itu satu per satu artefak lain ditemukan," ujar Zhaoyu Zhu, profesor di Institut Geokimia Guangzhou yang memimpin penelitian.

Alat-alat itu ditemukan di seluruh lapisan tanah, artinya keluarga manusia purba yang belum dikenali spesiesnya itu kerap kembali ke situs yang sama berulang kali, mungkin saat mereka berburu mengikuti hewan.

Sumber Time