Ledakan "Sapi" di Dekat Bima Sakti Ini Lebih Terang dari Supernova

Kompas.com - 28/06/2018, 17:06 WIB
Ledakan misterius di luar angkasa yang mirip supernova (Stephen Smartt/ATLAS)Ledakan misterius di luar angkasa yang mirip supernova

KOMPAS.com - Para astronom melihat sebuah ledakan misterius yang terjadi tak jauh dari galaksi kita, Bima Sakti. Kajian ilmiahnya belum resmi diterbitkan, namun penemuan itu menantang para astronom untuk mengungkapnya.

Peristiwa ledakan bintang di luar angkasa sering terjadi, namun ledakan "The Cow" yang terdeteksi oleh para astronom pada 16 Juni 2018 lalu, ternyata 10 kali lebih terang daripada supernova normal.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya di alam semesta lokal," kata Stephen Smartt, astrofisikawan dari Queen's University Belfast dan peneliti di lembaga pengamatan ATLAS yang berbasis di Hawaii.

Dikutip dari Sciencealert, Selasa 926/6/2018), "The Cow" hanya butuh waktu tiga hari saja untuk mencapai lumonisitas cahaya puncaknya. Sementara itu, ledakan supernova butuh 10 hari untuk mencapai tingkat yang sama.