Ilmuwan China Berhasil Kloning Monyet, Apakah Manusia Selanjutnya?

Kompas.com - 25/01/2018, 16:30 WIB
monyet hasil kloning monyet hasil kloning
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Teknologi kloning, hingga saat ini masih menjadi hal yang manrik untuk dibicarakan. Setelah kloning domba Dolly pada 1996, para peneliti terus mengkloning hewan-hewan lainnya.

Sayangnya, belum pernah ada yang berhasil membuat kloning bayi dari jenis primata seperti monyet, kera, dan manusia.

Namun, para peneliti di China melaporkan pada Rabu (24/01/2018), bahwa mereka telah berhasil menciptakan dua monyet kloning. Dengan kata lain, ini pertama kalinya primata dikloning dengan teknik yang sama untuk menghasilkan domba Dolly.

"Batasan dari kloning spesies primata sekarang telah terlampaui," ungkap Mu-Ming Poo dari Chinese Academy of Sciences, Shanghai dikutip Time, Rabu (24/01/2018).

Baca juga: Snuppy, Anjing Kloning Pertama di Dunia, Dikloning Ulang dan Sukses

Kedua monyet hasil kloning tersebut diberi nama Zhong Zhong dan Hua Hua. Mereka dibuat dari sel janin yang tumbuh di cawan petri.

"Ini adalah primata pertama yang pernah dikloning," kata Dr Leonard Zon, direktur program sel induk di Rumah Sakit Anak Boston dikutip dari New York Times, Rabu (24/01/2018).

Hasil kloning ini merupakan kembar identik dan membawa DNA dari janin monyet yang sebenarnya menyediakan sel-sel yang digunakan. Hal ini disebutkan dalam publikasi di jurnal Cell.

Kedua monyet tersebut "lahir" di Chinese Academy of Sciences, Shanghai.

"Ini telah melalui jalan yang panjang," ungkap Shoukhrat Mitalipov, ilmuwan yang pernah berusaha membuat kloning primata namun gagal.

"Akhirnya, kita berhasil," sambung pria yang bekerja untuk Oregon Health & Science University itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X