Kompas.com - 23/11/2017, 12:29 WIB
Snuppy (kanan), anjing Afghanistan pertama yang berhasil dikloning. Duduk dengan ayah genetisnya di Universitas Nasional Seoul pada 3 Agustus 2005 di Seoul. Snuppy (kanan), anjing Afghanistan pertama yang berhasil dikloning. Duduk dengan ayah genetisnya di Universitas Nasional Seoul pada 3 Agustus 2005 di Seoul.

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Snuppy? Dia adalah anjing Afghanistan hasil kloning pertama di dunia yang 'lahir' pada 2005 oleh Hwang Woo Suk, ilmuwan asal Korea Selatan.

Tepat setelah 13 hari ulang tahun yang ke-10 pada 2015, Snuppy meninggal.

Meski begitu, dia mewariskan genetik yang tinggal di tiga kloningan ulangnya.

Para ilmuwan mengkloning ulang untuk lebih memahami kesehatan dan umur hewan klon dibandingkan dengan pendonor sel mereka.

Sejauh ini, hasil penelitian tentang kloning sudah dicampur. Sebab, beberapa hewan ada yang berakhir seperti domba Dolly yang meninggal setelah melewati setengah kehidupan domba normal. Saat itu Dolly berusia enam tahun.

Dibandingkan dengan Dolly, kasus Snuppy lebih menjanjikan.