Percobaan Nyeleneh, Kosmonot Rusia Tunggangi Penyedot Debu di Antariksa

Kompas.com - 24/01/2018, 10:34 WIB
Anton Shkaplerov menungganggi vacuum cleaner di ISS Anton Shkaplerov menungganggi vacuum cleaner di ISS
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Menunggangi vacuum cleaner alias penyedot debu yang sedang menyala sepertinya hanya akan dilakukan anak kecil. Biasanya mereka melakukan hal itu dengan imajinasi terbang atau kuda-kudaan.

Namun bagaimana jika yang melakukan hal tersebut adalah orang dewasa? Mungkin terdengar konyol, tapi itulah yang dilakukan oleh astronot Rusia bernama Anton Shkaplerov.

Istimewanya lagi, dia tak melakukan ini di bumi, melainkan di stasiun luar angkasa internasional ( ISS).

Perilaku uniknya ini dia abadikan dalam sebuah video yang diunggah dalam akun twitternya. Video berdurasi 23 detik tersebut menunjukkan bahwa astronot tersebut sedang "menunggangi" vacuum cleaner yang menyala.

Baca juga: Fidget Spinner Berputar Lebih Lama di Luar Angkasa, Ini Penjelasannya

"Banyak yang bertanya, benarkah kita bisa terbang di atas penyedot debu yang menyala di stasiun luar angkasa? Saya tidak bisa menjawab sesuatu yang belum saya coba. Dan sekarang selama Subbotnik (hari raya keagamaan di Rusia) saya berpikir bahwa... ini waktunya mencoba terbang dengan vacuum cleaner// Uji terbang dengan vacuum cleaner di ISS," kicaunya di twitter melalui akun @Anton_Astrey.

Dalam video yang tersebut Shkaplerov menggunakan lagu latar "I Believe I Can Fly". Pria ini seolah ingin menunjukkan bahwa dia sedang terbang menggunakan penyedot debu tersebut.

Di ISS, percobaan "nyleneh" semacam ini, bukanlah pertama kalinya terjadi.

Dilansir dari Newsweek, Senin (22/01/2018), astronot wanita bernama Karen Nyberg pernah membuat video tentang bagaimana keramas di luar angkasa pada 2013. Pada 2014, seorang astronot NASA berhasil menciptakan gelembung air raksasa di stasiun luar angkasa itu.

Pada 2012, astronot NASA bernama Don Pettit juga melakukan hal konyol dengan penyedot debu di luar angkasa. Pria ini membuat instrumen musik dengan bagian-bagian dari vacuum cleaner yang hasil suaranya mirip dengan alat musik Australia, didgeridoo.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Newsweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X