Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Cuma di Bumi, Film Star Wars Juga Akan Diputar di Luar Angkasa

Kompas.com - 13/12/2017, 21:06 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Demam Star Wars: The Last Jedi ternyata tak hanya terjadi di bumi. Demam film fiksi ilmiah ini akhirnya mencapai luar angkasa.

Seperti yang kita ketahui, film Star Wars: The Last Jedi akan diputar di seluruh dunia minggu ini. Namun uniknya, ada satu tempat yang juga akan memutar film tersebut, yaitu International Space Station (ISS).

Film ini akan diputar untuk para astronot di atas sana menggunakan salah satu laptop atau proyektor di kapal luar angkasa tersebut.

Reporter ruang angkasa, Robin Seemangal, menuliskan hal ini di akun Twitter-nya yang kemudian dikonfirmasi oleh juru bicara NASA.

Baca juga: Bermimpi Jadi Astronot? Begini Caranya

"Saya bisa memastikan awak kapal dapat menontonnya di orbit," kata Dan Huot, petugas urusan publik NASA dikutip dari The Verge, Rabu (13/12/2017).

"Belum ada jadwal waktu yang pasti. Mereka biasanya mendapatkan film dalam bentuk file digital yang bisa dimainkannya kembali di laptop atau proyektor standar yang saat ini berada di atas kapal," imbuh Huot.

Menonton film di stasiun ISS bukanlah sesuatu yang istimewa. Sebenarnya, stasiun luar angkasa tersebut penuh dengan perpustakaan digital yang luas, dengan lebih dari 500 judul film dari yang klasik hingga terbaru.

Astronot dapat menonton film di hari-hari mereka, misalnya saat berolahraga dengan treadmill atau pada malam hari.

Pada 2015, hal ini juga ditunjukkan oleh seorang astronot bernama Scott Kelly dalam kicauannya.

Tapi ingat, kita belum tahu kapan para astronot itu akan melihat Star Wars: The Last Jedi. Jadi, jangan sampai spoiler ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com