Teknologi Grafis Film Harry Potter Bantu Ilmuwan Pahami Struktur Otak

Kompas.com - 20/11/2017, 17:08 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com -- Siapa sangka sebuah teknologi dari film bisa dijadikan metode dalam penelitian? Tyler Ard, seorang ahli saraf di laboratorium Arthur Toga, University of Southern California, Los angeles membuktikannya.

"Ini adalah teknik rendering yang digunakan untuk membuat grafik film ' Harry Potter'," kata Tyler Ard dikutip dari Scientific American, Minggu (19/11/2017).

Teknik yang biasanya menghasilkan gambar asap, awan, dan bintang yang fantastis dalam film Harry Potter digunakan oleh Ard untuk membuat struktur neuron dan otak dalam detail halus.

Dalam, pertemuan tahunan Society for Neuroscience 2017 di Washington, DC, Ard mempresentasikan hasil penerapan teknik pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) dengan teknologi tersebut.

Metode ini dapat mengubah sejumlah besar data menjadi gambar sehingga sangat cocok untuk menghasilkan foto pemindaian otak. Untuk semakin mempermudah, Ard dan koleganya mengembangkan kode yang memungkinkan mereka memasukkan data ke perangkat lunak.